Wahana Wisata Seru Murah Meriah di Selecta Malang

Taman hiburan Selecta Malang merupakan salah satu area hiburan tertua dari Kota Apel tersebut. Meski begitu, pengelola Selecta terus berinovasi agar tidak ketinggalan dengan wahana wisata lain di Malang. Karenanya, tidak heran bila taman hiburan modern yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung dan selalu masuk daftar destinasi favorit.

Foto Selecta Malang
Foto by instagram.com/amazingmalang/

Sejarah Pembangunan dan Pengembangan Taman Selecta

Kata Selecta sendiri merupakan bahasa Belanda yang memiliki arti ‘Pilihan’. Tidak banyak yang tahu bahwa Selecta telah mulai dibangun sejak 1920 silam dan baru rampung tahun 1928. Memerlukan waktu selama 8 tahun untuk bisa membangun tempat wisata yang semula dikhususkan sebagai lokasi liburan bagi para bangsawan Belanda ini.

Selecta berdiri di atas tanah seluas 18 hektar di mana 10 hektarnya pada saat pembangunan disulap menjadi sebuah taman bunga yang cantik dan eksotik. Kebun bunga ini ditata secara terstruktur menjadi petak-petak yang ditanami ragam bunga berbeda. Pemerintah Belanda bermaksud menjadikannya sebagai lokasi relaksasi para pejabatnya.

Baru pada tahun 1950, ketika Indonesia telah berhasil mendeklarasikan kemerdekaan, Taman Selecta Malang dibuka untuk kalangan umum. Sejak itu, pengelola tidak berhenti untuk melengkapi wahana dan fasilitas untuk memanjakan para wisatawan. Namun, perlu diingat bahwa pengunjung dilarang keras memetik tanaman yang ada di area Kebun Bunga Selecta.

Kolam Renang Selecta Malang
Foto by instagram.com/hasyifaaah__/

Harga Tiket Selecta Malang 2019 dan Jam Operasionalnya

Hal yang ingin diketahui selanjutnya tentang Selecta tentu saja harga tiket masuknya. Di tahun 2019 ini, banderol tiket yang dibebankan pada pengunjung taman sebesar Rp35.000,- per orang. Tarif tersebut termasuk biaya menjajal beberapa wahana, sementara untuk sebagian lainnya dikenakan biaya terpisah. Tidak ada perbedaan untuk tarif tiket saat weekend.

Sementara jam operasional dari Selecta mulai pukul 06.00 pagi – 17.00 sore. Taman wisata ini buka setiap hari tanpa libur, bahkan di hari Minggu dan peringatan hari besar. Hal ini pula yang menjadikan Selecta sebagai destinasi wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke Malang, karena tidak terbentur dengan jam operasional.

Baca Juga : Pantai Tiga Warna, Reservasi Dulu Sebelum Berkunjung!

Wahana Selecta Malang dan Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Sana

Lantas, apa saja wahana yang ada di Taman Selecta? Pengelola taman hiburan modern ini menyediakan banyak sekali wahana wisata yang dapat dieksplorasi oleh para pengunjung :

Taman Bunga Selecta Malang
Foto by instagram.com/lingkarmalang/

1.  Taman Bunga

Sesuai dengan konsep awal pendiriannya, wahana utama dari Selecta tidak lain adalah taman bunganya. Di sini, terdapat berbagai spesies bunga yang cantik dan berwarna-warni. Menonton bunga-bunga di sini dijamin akan membuat relaks tubuh dan pikiran. Selain itu, panoramanya yang cantik sangat instagramable. Anda bisa mengabadikan momen tersebut sepuas hati.

2.  Waterpark

Tidak hanya area daratan, Selecta juga memiliki waterpark atau taman bermain air yang cukup luas. Area kolam ini dilengkapi dengan berbagai model perosotan agar aktivitas berenang menjadi semakin seru. Tapi, durasi berenang di sini secukupnya saja, ya. Sebab, airnya bersumber asli dari pegunungan sehingga suhunya dingin menusuk tulang.

3.  Sky Bike

Sky Bike Selecta Malang
Foto by instagram.com/prisil03/

Tidak perlu mengernyitkan dahi ketika mendengar tentang wahana yang satu ini. Sky Bike atau Sepeda Langit di Selecta Malang berbeda dengan yang biasa didapati di tempat lain. Sepeda tidak digantung dengan tali di mana membuat adrenalin berpacu. Di sini, sepedanya mirip dengan odong-odong yang memiliki rel di atas taman bunga.

4.  Kora-Kora

Wahana selanjutnya di Taman Selecta adalah kora-kora alias perahu ayun. Ada batas usia dan tinggi badan minimal bagi yang ingin menjajal wahana yang satu ini. Pengunjung akan diajak bergelantungan di atas perahu yang digoyangkan dengan kemiringan mencapai 90 derajat. Sangat menantang tapi sering kali berefek membuat mual.

5.  Berkuda

Mengingat lokasinya yang berada di dataran tinggi, Taman Selecta juga menjadi lokasi yang pas untuk peternakan kuda. Bukan hanya peternakan, wisatawan juga dapat menjajal aktivitas menunggang kuda di sini. Tentu saja, didampingi dengan instruktur yang berpengalaman. Disediakan peralatan berkuda lengkap untuk keamanan wisatawan yang ingin menjajalnya.

Menarik sekali bukan berbagai wahana yang ditawarkan di Selecta Malang? Untuk menjajal berbagai wahana di atas, ada sebagian yang menerapkan biaya tambahan. Namun, tidak perlu khawatir karena biayanya sangat terjangkau, mulai dari Rp10.000,- saja.

Play Ground Selecta Malang
Foto by instagram.com/nrliyni_17/

Fasilitas Penunjang Taman Selecta

Tidak hanya memiliki wahana bermain saja, tetapi ada banyak fasilitas penunjang yang tersedia untuk mengakomodasi kebutuhan para wisatawan. Fasilitas-fasilitas tambahan ini sebagian dapat diakses secara gratis, tetapi sebagian lain berbayar :

a)  Toilet Umum dan Kamar Ganti Kolam Renang

Mengingat Selecta sangat luas, tidak mungkin pengelola tidak menyediakan toilet umum. Tersedia toilet yang terjaga kebersihannya untuk para wisatawan yang bertandang kemari. Toilet di Selecta ini merupakan fasilitas gratis. Toilet ini berbeda dengan fasilitas kamar ganti yang ada di sekitar area renang di Waterpark Selecta.

b)  Surau

Bagi umat muslim, tidak perlu repot mencari tempat ibadah di luar Selecta. Sebab, di dalam area taman sudah tersedia sebuah surau, lengkap dengan tempat wudhu, dan perlengkapan sholat. Anda bisa melaksanakan ibadah dengan nyaman dan tepat waktu. Tidak ada retribusi untuk menggunakan fasilitas tempat ibadah ini.

c)  Pasar Bunga

Kolam Ikan Selecta Malang
Foto by instagram.com/feny_saputri/

Pasar bunga ini berbeda dengan taman bunga. Di taman, pengunjung dilarang memetik apalagi merusak tanaman yang ada. Sedangkan di pasar bunga, dijual bunga-bunga yang segar secara satuan maupun dalam bentuk buket. Selain itu, dijajakan pula bibit-bibit unggul dari aneka bunga yang ditanam di taman bunga Selecta Malang.

d)  Bioskop 4D

Fasilitas selanjutnya dari Selecta adalah bioskop 4D. Khusus fasilitas yang satu ini tentu saja pengunjung akan dikenakan biaya tambahan. Di gedung bioskop 4D milik Selecta ini, sarananya sangat nyaman dan masih tergolong baru. Anda bisa merasakan sensasi menonton film yang lebih nyata hanya dengan membayar Rp50.000,- per orang.

Baca Juga : Alun Alun Malang, Tempat Wisata Gratis dan Strategis

Lokasi dan Akses Taman Wisata Selecta

Taman Selecta berada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu. Jaraknya dari pusat Kota Batu kurang lebih 4km, sedangkan dari pusat Kota Malang mencapai 25km. meski begitu, aksesnya mudah karena dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Banyak pula transportasi umum dengan tujuan taman wisata ini.

Keindahan Selecta Malang
Foto by instagram.com/dewaayu__sintya/

Jika berkunjung ke Selecta, usahakan untuk melakukan persiapan dengan baik :

  • Usahakan memilih musim kemarau saat kemari karena jalanan lebih mudah dilalui mengingat medan yang berkelok-kelok, menanjak, serta curam.
  • Gunakan pakaian hangat karena baik di musim kemarau maupun penghujan, udara di sekitar Selecta relatif dingin menusuk tulang.
  • Pilih sepatu yang nyaman seperti kets atau sandal, jangan menggunakan alas kaki berhak tinggi bila tidak ingin kesulitan beraktivitas di sekitar Selecta.

Sudah dibangun sejak 1920 silam, dapat dipahami bukan mengapa Selecta Malang tetap menjadi destinasi wisata favorit hingga saat ini? Keunggulannya terletak pada tarif yang murah dibandingkan taman hiburan serupa, namun memiliki opsi wahana serta fasilitas yang lengkap. Mengunjunginya bersama rombongan tentu akan lebih seru.