Menjajal Paralayang Batu Malang, Menantang dan Epik!

spot foto instagramable paralayang batu
Foto by instagram.com/rentalmobilaja/

Anda penggemar olahraga ekstrem? Mungkin bisa menjajal Paralayang Batu Malang yang belakangan ini menjadi destinasi favorit sekaligus wajib bagi para wisatawan. Di mana lokasi dari wisata paralayang ini? Berapa harga tiket masuknya? Apa saja pesona yang ditawarkan selai aktivitas ekstrem tersebut sehingga dapat menarik minat turis lokal hingga asing?

Lokasi dan Aksesnya

Tempat wisata paralayang ini memiliki nama lain Batu Paragliding. Lokasi tepatnya berada di Jl. Arumdalu No.20, Songgokerto, Kota Batu, Jawa Timur. Akses lokasinya tergolong mudah, baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun, sebagai catatan, kontur jalananan memang berliku dan curam sehingga perlu kehati-hatian ekstra dalam mengemudi.

Tiket Masuk  dan Jam Operasional

spot foto paralayang batu jawa timur
Foto by instagram.com/_naya_wp_22/

Bagi turis yang pertama kali datang ke destinasi satu ini, penting untuk memahami dulu bahwa tiket masuk dengan tarif menjajal wahana paralayang berbeda. Tarif tiket masuk yang ditentukan oleh pengelola adalah Rp10.000,- per orang. Sedangkan untuk wisatawan yang ingin menjajal paralayang ditarik tarif mulai Rp350.000,- per orang durasi 15 menit.

Kenapa harus membayar tiket masuk Paralayang Batu Malang bila masih dikenakan biaya untuk menjajal wahana tersebut? Sebab, tempat wisata Batu Paragliding ini tidak hanya menawarkan olahraga paralayang di lokasi tersembut. Terdapat fasilitas pendukung dan beberapa aktivitas lain yang bisa dilakukan. Sebab itulah ditetapkan tarif tiket masuk bagi pengunjung.

keindahan paralayang batu malang jawa timur
Foto by instagram.com/outbound.batu/

Soal jam operasional, untuk hari kerja Senin – Kamis, destinasi paralayang ini buka mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB saja. Khusus untuk akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu, tempat ini baru buka selama 24 jam penuh. Tidak ada hari libur operasional untuk tempat wisata yang berada dekat Air Terjun Coban Rondo ini.

Baca Juga : Batu Night Spectacular (BNS): Wisata Malam Keluarga

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Paralayang Batu

Di atas, telah sedikit dibahas bahwa alasan ditetapkan tarif masuk lokasi bagi wisatawan karena cukup banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini. Apa saja aktivitas-aktivitas tersebut?

§  Paralayang

spot foto paralayang batu
Foto by instagram.com/solocyclingphoto/

Tentu saja aktivitas utama yang bisa dilakukan di sini tidak lain adalah paralayang itu sendiri. Wisatawan bisa mencoba sensasi melayang di ketinggian menggunakan parasut. Titik pemberangkatan dari Gunung Banyak, sementara mendaratnya di Songgoriti. Durasi sekali terbang adalah 15 menit. Mengapa waktunya singkat padahal tarifnya relatif mahal?

Paralayang merupakan olahraga ekstrem sehingga memerlukan peralatan yang aman serta instruktur profesional. Kedua hal itu yang membuat tarifnya melambung, semata-mata demi menjamin keamanan wisatawan. Tarif tersebut juga sudah termasuk makanan ringan, minuman selamat datang, dan jasa dokumentasi dari pengelola. Secara teknis, tarifnya sangat sesuai.

§  Menikmati Panorama Alam

keindahan paralayang batu
Foto by instagram.com/iytannnnn_/

Berada di ketinggian 1.315 mdpl, pemandangan alam Kota Batu dari lokasi Paralayang Batu Malang sangatlah indah. Didukung dengan udara yang sangat sejuk, Anda bisa merelaksasi tubuh dan pikiran dengan menikmati panorama sekitar. Aktivitas ini bisa Anda lakukan setelah melakukan paralayang atau saat tidak ingin menjajal olahraga ekstrem tersebut.

§  Hunting Foto

Pecinta fotografi? Dengan pemandangan sekitar dari ketinggian tersebut, dijamin Anda mendapatkan objek foto yang sempurna. Terlebih bila Anda menghabiskan malam di sini. Pemandangan malam Kota Batu dari puncak paralayang ini sangatlah epik. Tidak sedikit turis asing yang berhasil menjual foto jepretannya di lokasi ini melalui situs internet.

keindahan paralayang batu malang
Foto by instagram.com/marikemalang/

§  Pendakian

Tidak berani atau malas mencoba paralayang? Anda bisa melakukan jenis olahraga lain di sini, yaitu mendaki. Jalurnya relatif aman untuk digunakan sebagai rute pendakian sehingga tidak perlu khawatir selama Anda mengingat jalanannya. Bila tidak, di daerah tersebut banyak pemandu lokal yang siap sedia.

Cukup banyak bukan aktivitas yang dapat dilakukan di Paralayang Malang ini? Jadi, Anda tidak perlu khawatir kehilangan alternatif hiburan ketika berkunjung kemari.

Villa di Paralayang Malang dan Fasilitas Penunjang Lainnya

Pembahasan penting selanjutnya bagi wisatawan tentu perihal penginapan di sekitar Paralayang Batu Malang. Terlebih bagi wisatawan yang berasal dari luar kota dan asing. Hal lain yang biasanya menjadi pertimbangan turis adalah ketersediaan fasilitas pendukung. Tenang saja, karena di destinasi wisata yang satu ini tersedia fasilitas yang cukup lengkap :

§  Rumah Kayu atau Omah Kayu

omah kayu paralayang batu
Foto by instagram.com/wisata.batu/

Tren penginapan berbentuk rumah pohon memang tengah digandrungi saat ini. Tidak ingin ketinggalan momentum tersebut, dekat lokasi paralayang tersedia penginapan serupa. Namanya ‘Omah Kayu’ atau yang artinya ‘Rumah Kayu’. Wisatawan dapat merasakan sensasi menginap di rumah pohon dengan fasilitas setara hotel, ditambah bonus panorama yang indah.

Tarif untuk menginap di sini adalah Rp300.000,- per malam. Tapi jika sedang tidak full booked, wisatawan yang tidak ingin menginap dan sekadar ingin berfoto-foto juga dipersilakan. Cukup membayar tarif sebesar Rp10.000,- saja per orang, Anda sudah bisa mendokumentasikan pengalaman berada di Omah Kayu tersebut sepuas hati.

Baca Juga : 6 Keindahan Pantai Goa Cina Yang Perlu Anda Ketahui

§  Toilet Umum

Sesuai standar tempat wisata yang baik, Paralayang Batu juga menyediakan toilet umum untuk para wisatawan. Bagi yang ingin menggunakannya dikenakan retribusi sebesar Rp2.000,- sebagai sumbangan untuk membayar tenaga kebersihan. Meskipun harus membayar, faktanya sebanding dengan kebersihan toilet umum yang terjaga dengan sangat baik.

§  Surau / Tempat Ibadah

spot paralayang batu malang
Foto by instagram.com/adlemmadridistas/

Selanjutnya, fasilitas lain yang disediakan oleh pengelola adalah surau atau tempat ibadah sederhana bagi umat muslim. Wisatawan yang beragama Islam tidak perlu khawatir melalaikan tugasnya beribadah ketika berada di Paralayang Batu Malang berkat fasilitas yang satu ini. Tidak hanya tempat ibadah, tetapi tersedia pula peralatan sholat untuk laki-laki dan perempuan.

§  Warung Makan

Meskipun di sekitar situ tidak ada restoran, tapi Anda tidak perlu khawatir. Sebab, tersedia banyak warung sederhana yang menyajikan aneka menu khas Jawa Timur dengan harga murah meriah dan rasa yang lezat. Masing-masing warung menyediakan menu yang berbeda-beda sehingga keharmonisan antar pedagang terjaga dengan baik.

Catatan Ketika Berkunjung ke Paralayang Batu Malang

gambar keindahan paralayang batu
Foto by instagram.com/thisismerry/

Bila Anda berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak sampai menelan kekecewaan :

  1. Pada akhir pekan, Paralayang Malang selalu ramai pengunjung. Sehingga jika Anda ingin lebih leluasa mengeksplorasi, disarankan datang di hari kerja. Namun berarti tidak bisa menikmati sensasi paralayang pada malam hari.
  2. Periksa dulu prediksi cuaca saat hendak berlibur ke sini. Sebab, destinasi wisata ini tidak akan dibuka saat cuaca sedang buruk seperti hujan deras berangin atau berkabut. Sebab, hal itu dapat membahayakan keselamatan pengunjung.
  3. Saat musim liburan, pastikan Anda sudah memesan penginapan karena biasanya selalu penuh dipesan. Anda tidak akan bisa mendapatkan kamar bila datang langsung ke lokasi.
  4. Usahakan untuk menggunakan bahasa lokal Malang untuk menghindari oknum-oknum nakal yang biasanya mencoba membohongi turis daerah lain dan luar negeri.

Dengan memerhatikan beberapa catatan penting saat berkunjung ke Paralayang Batu Malang di atas, risiko liburan Anda akan mengecewakan dapat diminimalisir. Destinasi wisata yang satu ini cocok sekali dimasukkan dalam bucket list liburan Anda, baik solo traveling maupun bersama rombongan.