Pantai Tiga Warna, Reservasi Dulu Sebelum Berkunjung!

Kota Malang merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang kaya akan wisata alamnya. Karena berdekatan dengan pesisir selatan Pulau Jawa, Kota Malang memiliki deretan pantai yang indah dan cantik. Salah satu diantaranya adalah Pantai Tiga Warna.

Pantai Tiga Warna Malang
Foto by instagram.com/bayudwipratono/

Pantai Tiga Warna memiliki keunikan tersendiri, yaitu memiliki warna air yang berbeda beda yang sangat amat menarik. Warna merah muncul karena adanya cahaya matahari yang menembus air hingga kedalaman 20 meter. Untuk warna hijau muncul dari endapan lumpur yang bercampur plankton. Sedangkan untuk warna biru menunjukkan kedalaman air laut yang sangat dalam. Perpaduan tiga warna inilah yang membuat Pantai Tiga Warna menjadi sangat cantik mempesona, apalagi ditambah dengan keindahan laut yang terjaga dan hamparan pasir putih yang bersih dari kotoran sampah.

Karena pantai ini termasuk dalam kawasan konservasi, itu berarti tidak sembarang orang bisa masuk ke pantai ini. Untuk dapat masuk berwisata di Pantai Tiga Warna harus mendapat surat izin dari Clungup Mangrove Conservation. Clungup Mangrove Conservation selaku pengelola pantai mengusung misi mengutamakan keseimbangan ekosistem dan biota laut. Hal ini dilakukan demi menjaga kebersihan dan keindahan pantai.

Pengelola pantai membatasi jumlah wisatawan yang akan masuk ke area pantai. Jika kamu pergi dengan rombongan, satu rombongan maksimal 10 orang. Per harinya hanya akan ada maksimal 100 orang pengunjung yang diperbolehkan masuk. Itupun harus melakukan reservasi terlebih dahulu jauh-jauh hari sebelumnya. Kayak hotel aja ya harus reservasi dulu.

Foto Pantai 3 Warna Malang
Foto by instagram.com/malanghitz_/

Untuk kamu yang mau reservasi, bisa menghubungi pengelola pantai (Clungup Mangrove Conservation) di nomor 081233339889 (telepon) atau 082132677713 (sms). Kamu dapat menghubunginya setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB, kecuali hari Kamis karena tutup. Sedangkan Pantai Tiga Warna sendiri dibuka untuk umum pada pukul 05.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB.

Baca Juga : Alun Alun Malang, Tempat Wisata Gratis dan Strategis

Kalau mau ke pantai ini jangan waktu libur panjang ya. Pihak pengelola Clungup Mangrove Conservation (CMC) berpendapat jika intervensi manusia saat libur panjang akan membahayakan ekologi kawasan konservasi. Jadi saat libur panjang sudah dipastikan Pantai Tiga Warna akan ditutup total.

Lokasi dan Aksesnya

Foto Pantai Tiga Warna
Foto by instagram.com/infomalangraya/

Pantai Tiga Warna berlokasi di Desa Tambak Rejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang Jawa Timur. Pantai ini termasuk dalam wilayah konservasi Sendang Biru. Pantai ini terletak kurang lebih 71 km dari pusat Kota Malang dan dapat ditempuh dengan kurang lebih 2 jam. Tak perlu khawatir, akses jalan menuju pantai ini sudah cukup bagus. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat dengan mudah. Namun untuk ke pantai ini tidak dapat dilalui dengan angkutan umum.

Rute menuju Pantai Tiga Warna sama dengan rute menuju Goa Cina. Dari Kota Malang ikuti petunjuk ke Kecamatan Bululawang kemudian Kecamatan Turen, lalu Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Setelah itu kamu akan mendapati persimpangan menuju Goa Cina dan Pantai Sendang Biru. Lalu pilih jalur menuju Goa Cina dan ikuti petunjuknya sampai menemukan persimpangan jalan lagi. Untuk kali ini pilihlah jalan ke kiri menuju TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Kemudian kamu akan masuk sebuah perkampungan, ambilah jalan menuju Clungup Mangrove Conservation (sebelum Bank BRI).

Gambar Pantai Tiga Warna
Foto by instagram.com/rinapaina/

Untuk mencapai Pantai Tiga Warna, kamu harus melewati Clungup Mangrove Conservation dan Pantai Clungup terlebih dahulu. Jika mau mengendarai kendaraan roda dua, kamu bisa langsung menuju pintu masuk. Tapi jika kamu menggunakan kendaraan roda empat pada perjalanan kali ini, kamu harus memarkirkan mobil yang jaraknya 1 km dari pintu masuk Clungup Mangrove Conservation karena jalan cukup sempit. Setelah berjalan kaki sekitar 1 km, kamu akan menjumpai pintu masuk pos tiket masuk.

Dari pos pintu masuk, kamu masih harus menempuh perjalanan lagi melewati jalan tanah naik turun sekitar 2 km. Berhati-hatilah karena saat musim hujan jalanan ini cenderung licin. Apabila kamu sudah menjumpai hutan mangrove, itulah pertanda bahwa kamu sudah sampai di Pantai Tiga Warna.

Harga Tiket Masuk Pantai Tiga Warna

Untuk dapat masuk ke Pantai Tiga Warna, kamu harus membayar Rp 10.000,- per orang. Setiap pengunjung wajib menyewa satu guide atau pemandu dengan harga Rp 100.000,-. Satu guide/ pemandu maksimal bisa untuk 10 orang. Sebelum diperbolehkan masuk ke area pantai, akan ada petugas yang ada memeriksa barang bawaan pengunjung. Petugas akan mendata berapa jumlah makanan dan minuman yang dibawa oleh para pengunjung. Pendataan ini dilakukan guna untuk menyamakan jumlah sampah yang dibawa pengunjung pada saat keluar dari area pantai. Jika terdapat selisih antara jumlah barang yang dibawa saat masuk pantai dengan jumlah sampah yang dibawa saat keluar pantai, dan terbukti pengunjung tersebut meninggalkan sampah, maka pengunjung tersebut akan dikenakan denda sebesar Rp 50.000,- per item sampah. Peraturan lain yang diberikan pengelola pantai adalah membatasi waktu kunjungan selama 2 jam. Tapi jangan khawatir, pihak pengelola memperbolehkan pengunjung yang ini menginap atau berkemah di pantai ini.

Baca Juga : Pantai Balekambang, Tanah Lot nya Jawa Timur

Objek Wisata di Pantai Tiga Warna

Ada beberapa objek wisata yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung di Pantai Tiga Warna. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Pantai yang indah dan bersih

Pantai 3 Warna
Foto by instagram.com/exploredindonesia/

Karena pantai ini termasuk dalam wilayan konservasi yang dikelola oleh Clungup Mangrove Conservation (CMC), yang mengutamakan prinsip keseimbangan ekosistem. Maka tak heran jika pantai ini sangat bersih dari kotoran sampah dan pastinya cantik menawan. Ombak yang tenang ditambah dengan pemandangan tiga warna air laut yang berbeda membuat pantai ini semakin indah dan asri. Jangan lupa untuk mengabadikan momen indah di pantai yang indah ini ya. Dijamin kamu nggak akan nyesel kalau main ke pantai ini.

Berenang dan snorkerling

Siapa sih yang gak pengen renang di pantai yang bersih? Air laut yang bersih dan jernih, ditambah lagi dengan keindahan tiga warna air laut yang berbeda. Pantai ini mempunyai terumbu karang yang sangat indah. Buat kamu yang punya hobi snorkeling atau baru mau nyoba snorkeling, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk snorkeling di pantai ini ya. Cukup dengan membayar biaya sewa sebesar Rp 150.000,- kamu bisa mendapatkan satu set perlengkapan snorkeling yang terdiri dari baju pelampung, kaca mata dan alat bantu pernafasan. Pantai Tiga Warna ini merupakan satu-satunya tempat snorkeling di Malang.

Pantai Tiga Warna Malang selatan
Foto by instagram.com/amazingmalang/

Berkemah

Walaupun oleh pengelola jam berkunjung dibatasi 2 jam, mereka masih memperbolehkan pengunjung yang ingin menginap atau berkemah di pantai ini. Pengunjung diharuskan membayar Rp 25.000,- untuk sewa tenda dan Rp 25.000,-untuk sewa lahan. Tapi kebanyakan pengunjung lebih memilih untuk berkemah di Pantai Clungup atau Pantai Gatra, pantai yang dekat dengan Pantai Tiga Warna