Menikmati Sensasi Snorkeling di Pantai Nglambor

Pantai Nglambor merupakan salah satu pantai terasik untuk snorkeling. Lokasi pantai ini sangat menantang karena langsung berhadapan dengan Samudra Hindia. Alih-alih mengerikan, snorkeling di pantai ini justru sangat menyenangkan. Bahkan memberikan sensasi tersendiri yang berbeda. Pasalnya, Nglambor memiliki dua gunung karang cukup besar untuk memecah ombak. Sehingga ombak di bibir pantai lebih tenang dan nyaman untuk berbagai aktivitas pantai.

Ternyata Nglambor bukan hanya tekenal sebagai lokasi snorkeling tetapi juga sebagai salah satu objek wisata pantai favorit di Jogja. Eksotisme Nglambor tampak dari keindahan alam yang masih terjaga. Apalagi Anda juga bisa menyeberang ke pulau melalui tebing-tebing tinggi dari gunung karang.

Selain keindahan alam pantai yang eksotis, wisatawan juga akan diajak menikmati hidup bersama alam yang terisolir. Anda bisa melakukan berbagai kegiatan alam yang tidak bisa dilakukan di pantai lain. Nah, semakin penasaran apa saja aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Nglambor? Simak ulasannya berikut ini.

Tradisi Upacara Sedekah Laut

Nglambor mungkin menjadi salah satu pantai di selatan Indonesia yang jauh dari kesan mistis. Namun, pantai ini tetap memiliki tradisi upacara sedekah laut yang populer. Berawal dari sepasang suami istri yang hidup sendiri di kawasan pantai ini. Usia mereka tergolong tua yakni sang suami bernama Sawu sudah berusia 81 tahun sedangkan istrinya bernama Tukit berusia 80 tahun.

Boleh dibilang, letak Nglambor memang agak jauh dari area perkampungan. Maka sepasang suami istri isi hanya mampu hidup mengandalkan hasil pertanian. Padahal, kawasan pantai memiliki jenis tanah yang tidak subur sehingga tidak produktif untuk ditanami. Selain itu, sumber pengairan juga sulit diperoleh. Bahkan gangguan kera ekor panjang yang tinggal di bukit sekitar pantai juga kerap datang merusak tanaman.

Kurang berhasil di hasil pertanian, sepasang suami istri ini juga mencari hasil laut. Namun, mereka juga tidak banyak mendapatkan hasil laut tetapi cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Akhirnya, tidak ada kisah mistis dari pantai ini. Hanya saja, masyarakat sekitar tetap melakukan upacara sedekah laut sebagai tradisi untuk menjaga lingkungan hidup khususnya di kawasan pantai. Upacara sedekah laut ini dikenal dengan Ngalangi yang berarti melarang atau menghalangi.

Pengelolaan Pantai yang Sukses

Pantai Nglambor memang memiliki akses masuk yang tidak mudah. Oleh karena itu pada tahun 2000, akses jalan menuju pantai diperlebar oleh Pemerintah. Akses ini belum mampu mendorong minat wisatawan untuk menjadikan Nglambor sebagai destinasi wisata. Bahkan tidak banyak orang yang mengetahui ada objek wisata pantai bernama Nglambor di Jogja. Pada tahun 2013, Yusuf Adhitya Putratama mulai mengelola pantai ini.

Pemuda yang berasal dari Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari, Gunung Kidul, tersebut sangat giat mempromosikan Nglambor. Yusuf mengunggah foto keindahan Nglambor melalui jejaring sosial online. Yusuf juga membagikan rute perjalanan menuju alamat pantai dengan membuat gambar denah lokasi. Di tahun 2014, pengelola pantai mulai mengembangkan Bintang Nglambor Snorkeling sebagai upaya menarik wisatawan. Kini, lonjakan wisatawan di Nglambor terus meningkat.

Susur Pantai Nglambor

Panjang garis pantai dari Nglambor lebih pendek dari dua pantai di sampingnya. Meskipun demikian, Nglambor memiliki kemewahan bahari yang tidak kalah menakjubkan. Bahkan garis pantai yang tidak terlalu panjang ini lebih menguntungkan. Tentu saja, Anda menjadi tidak terlalu lelah dan lebih bisa menikmati keindahan pantai saat melakukan susur pantai.

Anda juga lebih puas menyaksikan suguhan panorama alam karena pantai ini tidak seramai pantai lain yang riuh dan bising. Susur pantai ini juga mampu memanjakan mata Anda dengan dua bukit karang yang menjadi pagar kawasan pantai. Bukit karang dengan nama Watu Kalong dan Watu Kuntul ini ikut memberikan kesan alami yang mencolok. Kedua bukit karang seakan bertugas menjadi selimut penjaga dari kawasan pantai.

Snorkeling Terpopuler

Jika Anda pecinta snorkeling maka Anda wajib mengunjungi Nglambor. Pasalnya, Nglambor memang identik dengan sajian utama snorkeling karena surga bawah lautnya sangat memesona. Saat Anda berenang di bawah permukaan air, bersiaplah untuk disambut beragam jenis ikan kecil. Tidak hanya itu, mata Anda juga akan langsung terpana melihat terumbu karang yang masih sangat alami.

Beragam jenis ikan kecil ini sangat cantik karena memiliki banyak variasi warna. Selain itu, habitat laut yang beragam juga membentuk keunikannya sendiri. Anda sebaiknya terus mengikuti arahan instruktur agar tetap berada di area aman. Apalagi masyarakat Pantai Nglambor dikenal sangat menjaga lingkungan hidup. Jadi, upayakan untuk tidak merusak taman laut ini. Meskipun hanya menyentuh terumbu karangnya. Terlebih menjadikannya sebagai tumpuan kaki.

Selama snorkeling, Anda juga bisa mengabadikan aktivitas ini. Foto di bawah laut akan sangat menarik untuk diunggah di sosial media. Bahkan bisa ikut serta membantu dalam mempromosikan objek wisata. Oleh karenanya, Anda bisa menggunakan ponsel atau kamera anti air untuk memperoleh hasil gambar yang sempurna. Tidak perlu khawatir karena petugas pantai siap membantu Anda, termasuk juga menyediakan sewa alat snorkeling.

Baca Juga : Eksotisme Pasir Putih dari Pantai Indrayanti

Bahari Laut dari Permukaan

Anda tetap bisa menikmati bahari laut Nglambor walaupun tidak memiliki kesempatan untuk snorkeling. Kondisi air laut yang bersih dan jernih membuat bahari laut Nglambor mudah dilihat dari atas permukaan air. Anda dapat menengok taman laut hanya dengan tracking di tepian pantai. Selain itu, Anda juga lebih dekat dengan mandi atau berenang di air laut. Selain bisa merasakan kesegaran air, Anda juga bisa merasakan kesegaran mata sekaligus.

Anda bisa berenang dengan aman karena tidak ada ombak besar di kawasan pantai ini. Anda hanya akan menemui riak-riak ombak sebagai hasil terpecahnya ombak yang sudah dihadang kedua bukit karang. Pinggir pantai juga berbentuk landai dan cukup dangkal bagi anak-anak yang ingin ikut mandi atau berenang.

Lokasi dan Tiket Masuk Pantai

Pantai Nglambor terletak tepat di area Desa Purwodadi. Kurang lebih 70 km dari pusat Kota Jogja atau sekitar 2 – 3 jam perjalanan menggunakan motor. Anda bisa mengambil rute perjalanan dari Jogja. Perjalanan bisa dimulai dari Ringroad Jalan Wonosari. Kemudian menuju arah Alun-alun Wonosari. Tiba di alun-alun, arahkan tujuan menuju Desa Tepus yang melalui Desa Purwodadi.

Anda juga bisa mencapai pantai melalui rute perjalanan dari Solo dan Semarang. Semua rute tersebut sama-sama mudah dilalui. Namun, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ditujuan. Hal tersebut karena belum ada angkutan umum yang bisa mengantarkan Anda mencapai pantai. Harga tiket masuk pantai yakni sebesar Rp5.000 – Rp10.000. Harga tiket ini relatif murah jika dibandingkan dengan keindahan menakjubkan dari pantainya.

Fasilitas dan Penginapan Terdekat

Fasilitas yang ada Nglambor sangat lengkap dan nyaman. Ada area parkir cukup luas yang dikenakan biaya sebesar Rp3.000 per kendaraan. Selain itu, ada toilet yang bisa digunakan dengan biaya untuk buang air sebesar Rp2.000 dan mandi Rp4.000. Sementara itu, jika Anda berencana snorkeling maka Anda perlu merogoh kantong sebesar Rp50.000.

Namun sayangnya, akses penginapan belum tersedia di Nglambor. Satu-satunya cara yakni dengan mendirikan tenda. Jadi, jika Anda masih betah menikmati pantai maka mendirikan tenda menjadi langkah terbaik. Meskipun begitu, Anda masih tetap bisa mencari akses penginapan di sekitar objek wisata lain di sekitar Nglambor. Anda bisa sangat beruntung saat berhasil menemukan perkampungan penduduk yang menyewakan homestay untuk bermalam.

Pantai Nglambor menjadi surga bagi para pecinta snorkeling. Selain itu, Nglambor juga sangat tepat sebagai destinasi wisata untuk mencari ketenangan. Keindahan alam yang tidak tertandingi ini sangat baik dinikmati setiap pagi pukul 06.00 hingga 10.00 waktu setempat. Kemudian Anda juga bisa melanjutkan lagi menikmati keindahan pantai pukul 4 sore hingga sunset datang.

Baca Juga : Eksplorasi Candi Prambanan, Kisah Cinta yang Melegenda