Eksotisme Pasir Putih dari Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti menjadi salah satu pantai paling eksotis berkat hamparan pasir putihnya. Pantai ini sering dijadikan surga para pelancong untuk menghabiskan waktu luang, terutama saat liburan datang. Bahkan sering juga digunakan sebagai lokasi refreshing atau gathering bersama keluarga, rekan kerja, komunitas atau sahabat. Tidak heran pantai selalu ramai oleh kedatangan wisatawan.

Eksotisme pantai ini rupanya bukan hanya pasir putih tetapi juga keindahan alam yang terlihat dari atas bukit karang. Anda bisa menikmati pemandangan hamparan laut biru yang berdampingan dengan hamparan pasir putih. Pemandangan inilah yang mampu memikat dan mengundang siapa saja untuk betah berlama-lama di sana.

Selain kemegahan alam pantai yang luar biasa, pantai ini juga memiliki asal muasal yang menarik untuk diketahui. Bahkan beragam aktivitas pantai yang tersedia dapat memanjakan Anda selama berlibur. Seperti apa aktivitas yang bisa Anda lakukan selama berkunjung di Pantai Indrayanti? Simak ulasannya berikut ini.

Nama Fenomenal Pantai Indrayanti

Nama Indrayanti memang cukup familiar sebagai nama asli Indonesia. Ternyata nama Indrayanti yang diberikan sebagai nama pantai ini bukanlah sesuatu yang asal-asalan. Nama ini berasal nama restoran yang letaknya masih di sekitar kawasan pantai. Restoran tersebut memiliki papan nama bertuliskan Indrayanti tepat di depan restoran. Saat itu, papan nama restoran yang terpampang nyata ini justru dikira banyak orang sebagai nama dari pantai. Alhasil, banyak orang mengenal pantai ini dengan sebutan Indrayanti.

Meskipun demikian, pemberian nama Indrayanti sontak membuat kontroversi. Terutama di kalangan pemerintahan Gunung Kidul karena pantai ini sudah memiliki nama Pantai Pulsa atau Pantai Pulang Syawal. Namun, Indrayanti sudah kadung familiar di tengah masyarakat dan wisatawan. Alhasil, pantai ini tetap populer dengan nama Indrayanti yang dikenal sebagai pantai bersih berpasir putih.

Kontroversi yang sempat terjadi juga mengakibatkan isu penutupan pantai menyeruak ke udara. Nama Indrayanti terkesan sangat pribadi sekaligus terlalu personal sehingga dianggap menyalahi aturan. Bahkan polemik ini memanas antara pihak pengelola dengan pihak Keraton Jogja dan Pemerintah Daerah. Walaupun hingga saat ini tidak ada tindak lanjut atas isu tersebut.

Pengelolaan Profesional

Bagi suatu destinasi wisata khususnya objek alam, sistem pengelolaan sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut karena sistem pengelolaan akan berdampak pada keberlangsungan lokasi wisata tersebut. Pantai Indrayanti sebagai salah satu objek wisata alam juga memiliki pengelolaan yang profesional. Tidak tanggung-tanggung, pengelolaan pantai dilaksanakan oleh berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta.

Pengelolaan dari berbagai pihak ini mampu membawa dampak positif. Mulai dari kondisi objek wisata yang nyaman hingga semakin banyaknya jumlah wisatawan yang datang. Selain itu, pengelolaan secara profesional juga membuat keindahan alam pantai lebih terjaga. Wisatawan tidak akan melihat sampah di sepanjang garis pantai. Lantaran pengelola pantai telah menetapkan peraturan denda bagi siapa saja yang membuang sampah sembarangan.

Baca Juga : Eksplorasi Candi Prambanan, Kisah Cinta yang Melegenda

Padang Pasir Putih

Berbeda dari kebanyakan pantai di Jogja, Indrayanti menawarkan pantai pasir putih yang bersih. Layaknya padang pasir putih tetapi ditambah dengan keelokan laut biru yang lepas. Anda bisa bermain di atas pasir putih sepuas yang diinginkan. Bahkan ditemani alunan debur ombak yang pecah menabrak bukit batu katang.

Di atas hamparan padang pasir putih, Anda bisa menyewa payung pantai. Payung pantai ini dikenakan biaya sewa sebesar Rp20.000. Umumnya, payung pantai sudah berjejer rapi di pinggiran garis pantai. Di bawah payung, Anda bisa bersantai dengan tidur sejenak atau bermain-main dengan membuat istana pasir.

Jika kondisi dan waktu memungkinkan maka Anda bisa berjemur sebentar. Berjemur bisa membuat kulit Anda sehat dan terlihat lebih eksotis. Meskipun Anda tetap harus menggunakan sunblock agar kulit terlindungi dari radiasi matahari yang berlebihan. Selain itu, Anda juga bisa berjalan-jalan santai di sepanjang bibir pantai. Anda bisa merasakan telapak kaki menginjak hamparan pasir putih lembut dengan sesekali sapuan air pantai.

Aktivitas Pantai Menyenangkan

Berwisata ke pantai tentu tidak lengkap jika belum melakukan aktivitas pantai yang menyenangkan. Beragam aktivitas pantai yang menyenangkan bisa Anda lakukan. Pertama, Anda bisa menikmati keindahan laut dari Gazebo yang dapat disewa dengan harga sebesar Rp30.000. Di Gazebo Anda dan keluarga bisa bersantai ditemani camilan dan similir angin Pantai Indrayanti yang sejuk.

Kedua, jet sky yang disediakan oleh pengelola pantai untuk disewakan juga bisa Anda coba. Harga sewa jet sky sebesar Rp250.000 selama 15 menit. Harga ini relatif terjangkau bagi Anda yang suka menjelajah dan menguji adrenalin. Ketiga, Anda tidak perlu mengkhawatirkan si buah hati akan bosan karena tersedia area permainan anak gratis.

Pantai ini juga sangat menyenangkan bagi Anda yang ingin berenang. Air laut di pantai ini cukup tenang dan aman sehingga Anda dan keluarga bisa mencicipi rasanya berbasah-basahan. Jangan lupa juga untuk menunggu datangnya waktu sunset. Anda bisa menikmatinya dari atas bukit karang atau jika lelah mendaki Anda bisa melihatnya dari tepi pantai.

Berburu Buah Tangan Khas Pantai

Setelah selesai menikmati kemewahan pantai, lengkapi liburan Anda dengan berburu buah tangan. Ada banyak cinderamata yang ditawarkan di sekitar pantai baik oleh pihak pengelola maupun masyarakat setempat. Sejumlah oleh-oleh ini tersedia dengan beragam variasi dan ukuran barang. Bahkan tersedia juga bermacam harga yang bisa Anda pilih sesuai isi kantong.

Ada baju pantai bertuliskan Indrayanti Beach untuk dewasa dan anak-anak yang bisa menjadi alternatif oleh-oleh. Jika Anda menginginkan buah tangan yang sederhana dan ringan maka Anda bisa membeli souvenir. Ada beragam souvenir mulai dari gelang, pin, cincin atau benda laut seperi kerang yang sudah dihias. Bahkan Anda juga bisa membawa oleh-oleh makanan olahan laut seperti keripik rumput lau atau sea food.

Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai

Pantai Indrayanti berada di daerah Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Jogja, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Letak pantai di sisi timur Pantai Sundak yang berbatasan langsung dengan bukit karang. Anda bisa menuju lokasi pantai dengan mudah karena akses jalannya sudah beraspal halus. Namun, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi karena belum tersedia angkutan umum yang mampu mencapai pantai.

Rute perjalanan menuju pantai bisa dimulai dari pusat Kota Jogja dengan jarak sekitar 70 km. Anda bisa memilih dua rute alternatif yakni rute Wonosari dan rute Imogiri. Namun, lebih disarankan melalui rute Wonosari dengan mengikuti ringroad timur jogja lalu menuju Wonosari. Setelah tiba di Wonosari, arahkan kendaraan menuju Tepus. Tiket masuk dikenakan biaya sebesar Rp15.000 per orang baik dewasa maupun anak-anak.

Baca Juga : Candi Borobudur, Wisata Sejarah Candi Budha Terbesar di Dunia

Fasilitas dan Penginapan Terdekat

Fasilitas pantai ini tergolong lengkap dan nyaman. Ada area parkir yang cukup luas untuk kendaraan para wisatawan. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya parkir sebesar Rp15.000 untuk mobil dan Rp4.000 untuk motor. Ada banyak kamar mandi bersih yang bisa Anda gunakan untuk berganti pakaian atau buang air. Selain itu, tersedia juga restoran, cafe, musholla dan tempat-tempat sampah.

Beberapa akses penginapan juga banyak tersedia. Harga penginapan cukup beragam mulai dari kisaran Rp100.000 tergantung kelengkapan fasilitas yang Anda inginkan. Anda perlu melakukan booking penginapan jauh hari karena penginapan ini selalu ramai pengunjung, terutama pada musim liburan. Anda akan mendapatkan pemandangan ekstra dengan gugusan bintang indah pada malam hari.

Pantai Indrayanti memang tidak pernah habis untuk dibicarakan. Mulai dari panorama laut dan pasir putihnya yang indah hingga kenyamanan fasilitas yang ditawarkan untuk wisatawan. Sebaiknya persiapkan juga dengan matang rencana liburan Anda agar lebih meriah. Berkunjung ke pantai ini juga akan membawa Anda mensyukuri betapa elok tanah air Indonesia yang diberikan oleh Tuhan.