6 Keindahan Pantai Goa Cina Yang Perlu Anda Ketahui

pantai goa cina malang selatan
Foto by malangtimes.com

Kabupaten Malang menjadi salah satu kota destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Selain memiliki ragam wisata pegunungan, ternyata Kabupaten Malang juga memiliki destinasi wisata bahari yang sangat menakjubkan. Salah satu tujuan wisata bahari yang bisa Anda kunjungi di Kabupaten Malang adalah Pantai Goa Cina Malang.

Sejarah Pantai Goa Cina

Sebelum dikenal dengan nama Pantai Goa Cina, pantai ini dikenal dengan nama Pantai Rowo Indah. Nama pantai ini berubah setelah ada kedatangan biksu dari Cina yang bertapa di sekitar goa dekat pantai ini di tahun 1903.

destinasi wisata bahari malang
Foto by instagram.com/vemalytraveler/

Konon, biksu dari Cina ini meninggal saat bertapa dan ditemukan hanya meninggalkan tulang saja. Akan tetapi, Anda masih bisa merasakan kedatangan biksu Cina di pantai ini dengan adanya tulisan Cina di dinding langit goa dan sebuah mangkok yang menjadi peninggalannya.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cina Malang

Lokasi wisata pantai ini terletak di Kabupaten Malang, tepatnya di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Jarak lokasi pantai ini sekitar 75 km atau perjalanan dengan jarak 3 jam jika ditempuh dari pusat ibu kota Kabupaten Malang.

Foto by malangrentalmotor.com

Meskipun cukup jauh, Anda tidak perlu merasa bosan karena selama perjalanan akan ada gunung kapur di desa Druju. Selain itu, Anda juga akan melewati Jembatan Bajulmati dengan arsitektur yang cukup menarik dengan tinggi 20 meter. Menariknya, jembatan ini berada di atas muara laut dengan lebar sekitar 20 meter dan panjang 80 meter.

Jika yang sedang berkunjung di Pantai Bajulmati, Anda bisa menuju Pantai Goa Cina Malang dengan menempuh jarak 7 km atau sekitar 15 menit. Hanya saja akses menuju ke sana agak sedikit susah karena jalan yang berkelok dan permukaan jalan yang rusak karena tanah tidak rata dan banyak batuan kapur. Hal ini mengakibatkan jalan menuju pantai sering tergenang air dan menjadi sangat licin saat musim penghujan.

keindahan pantai goa cina
Foto by instagram.com/adrianus_msf/

Meskipun akses jalan tidak sempurna, Anda tidak akan menyesal dengan panorama yang disuguhkan di pantai ini. Selain itu, tiket masuk Pantai Goa Cina juga cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp5.000,- per orang dengan biaya parkir sebesar Rp5.000,- per kendaraan roda dua dan Rp10.000,- per kendaraan roda empat.

Baca Juga : Menjajal Paralayang Batu Malang, Menantang dan Epik!

Keindahan Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina Malang memiliki pemandangan yang masih alami. Anda bisa menikmati angin sepoi-sepoi yang disertai dengan deburan khas ombak pantai selatan. Selain itu, air laut di pantai ini masih sangat jernih dengan pasir putih yang terhampar luas. Adanya beberapa pohon ketapang dan cembirit berbaris di bibir pantai, sehingga membuat suasana di sekiar pantai menjadi lebih sejuk.

foto pantai goa cina
Foto by instagram.com/paketwisatamalangbromo/

Meskipun pantai ini memiliki area yang tidak begitu luas, Anda bisa mengeksplor beberapa spot yang ada.  Berikut ini beberapa spot untuk menikmati keindahan pantai ini:

Goa

Nama Pantai Goa Cina tidak lepas dari keberadaan goa yang ada di sekitar pantai. Goa ini berada di sebelah kanan dengan jarak sekitar 50 meter dari pintu masuk pantai. Menariknya, goa ini berada di batu karang dengan tinggi 2 meter dan menjorok ke dalam sebesar 8 meter. Meskipun cukup kecil, goa ini bisa dilalui oleh 2 orang secara beriringan.

Goa Cina Beach South Malang
Foto by instagram.com/azizah_sn95/

Berbeda dengan jenis goa lainnya, dalam goa ini tidak ditemukan stalakmit ataupun stalaktit. Di goa ini hanya berupa rongga dalam batu karang dan memiliki kesan magis saat Anda memasukinya. Meskipun begitu, Anda bisa menikmati keindahan pantai dari bibir goa dengan panorama garis pantai dan karang dalam laut yang terlihat masih alami.

Bukit Karang

Hampir sama dengan beberapa pantai di sebelah selatan Jawa, Pantai Goa Cina Malang juga memiliki bukit karang yang bisa dieksplor untuk menikmati keindahan panorama di sekitar pantai. Bagi yang memiliki jiwa petualang, Anda bisa mendaki karang yang menjulang tinggi untuk merasakan angin kencang yang terbawa dari tengah laut.

bukit batu disekitar pantai
Foto by instagram.com/arif_zainuddin_ahmad/

Dengan mendaki bukit karang yang ada, Anda tak hanya bisa menikmati deburan ombak di sekitar pantai saja. Selain itu, Anda juga bisa menikmati sunrise yang tampak jelas jika Anda mendaki bukit karang.

Pulau di Sekitar Pantai

Salah satu hal yang cukup menarik di pantai ini adalah adanya tiga buah pulau yang membuat panorama pantai menjadi semakin indah. Pulau Nyonya, Pulau Goa Cina, dan Pulau Bantengan menjadi tiga pulau di sekitar Pantai Goa Cina yang membuat Pantai ini semakin indah.

Meskipun terdapat tiga buah pulau di sekitar pantai, disarankan Anda tidak berlayar menuju pantai tersebut. Hal ini dikarenakan ombak di sekitar pantai yang cukup besar dan berbahaya untuk dilalui.

Keunikan Pantai Goa Cina

Di pantai ini terdapat fenomena alama yang menarik untuk disaksikan. Adanya 3 gelombang dari arah timur, barat, dan selatan yang bertabrakan menjadi gelombang yang unik. Terlebih dengan adanya tiga pulau di sekitar Pantai Goa Cina membuat suara gemuruh yang sayang untuk dilewatkan.

Adanya ombak yang cukup besar membuat di sekitar Pantai Goa Cina ini tidak ada nelayan yang berani untuk pergi melaut. Selain itu, bagi para wisatawan tidak dianjurkan untuk berenang karena arus yang deras.

foto keindahan goa cina beach
Foto by www.instagram.com/srimanisa15/

Meskipun begitu, Anda tetap bisa melakukan beberapa kegiatan lain di sekitar lokasi pantai ini. Lokasi pantai ini disebut sebagai tempat perkemahan berskala nasional yang menyajikan panorama alam indah dan memanjakan mata. Selain itu, beberapa olahraga pantai seperti voli pantai atau sepak bola pantai juga bisa dilakukan dengan alas pasir yang bersih dan cukup empuk.

Sambil menikmati keindahan pantainya, Anda juga bisa menikmati keindahan alam yang ada di sekitar pantai. Dengan mendaki bukit karang, Anda bisa menikmati keindahan matahari terbit yang sangat indah. Terlebih bagi Anda yang suka fotografi, panorama ini bisa Anda nikmati tanpa harus mendaki puncak gunung semalaman. Selain itu, pemandangan matahari tenggelam juga terlihat sangat menakjubkan jika Anda berkunjung di sore hari.

keunikan pantai goa cina
Foto by instagram.com/goes_buagoes/

Fasilitas 

Untuk mendukung beberapa aktivitas di sekitar pantai, terdapat beberapa fasilitas pendukung yang membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Sudah terdapat mushola, kamar mandi, dan beberapa warung yang dijajakan oleh warga sekitar pantai.

Selain mendukung liburan Anda di pagi hari, beberapa warung kuliner juga menjajakan dagangannya untuk para wisatawan yang sedang berkemah. Jadi, bagi Anda yang berencana berkemah di sekitar pantai, Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan bekal karena banyak pedagang kuliner di sekitar pantai.

Melihat sejarah dan ulasan yang cukup mengesankan akan menambah wawasan Anda mengenai tempat wisata populer di kota Malang. Dengan membawa perbekalan yang cukup selama perjalanan, rencana liburan di Pantai Goa Cina akan semakin menyenangkan. Siapkah Anda berlibur di pantai selatan kota Malang ini?