Pantai Balekambang, Tanah Lot nya Jawa Timur

pure pantai balekambang
Foto by instagram.com/vita.jayusman/

Siapa sih yang gak tau Pantai Balekambang? Pantai yang merupakan salah satu pantai selatan yang menjadi tujuan favorit para wisatawan yang berkunjung di Kota Malang.

Pantai Balekambang dikenal dengan julukan “Tanah Lot nya Jawa Timur”. Tau kenapa? Karena objek wisata ini memiliki keindahan yang luar biasa ditambah dengan adanya pura di tengah pantai seperti di Pantai Tanah Lot yang sangat terkenal di Pulau Dewata Bali.

Pantai Balekambang sendiri sudah dikenal warga lokal sejak tahun 1978. Sebelum diresmikan menjadi objek wisata Kota Malang, untuk jalan menuju objek wisata ini dipenuhi dengan semak belukar dan pepohonan. Konon, orang pertama yang membuka akses jalan (menebang semak belukar dan pepohonan) menuju Pantai Balekambang adalah seorang ulama yang berasal dari Kota Jogja, beliau adalah Syaikh Abdul Jalil. Lima tahun sejak dibukanya akses jalan tersebut, Pantai ini diresmikan menjadi salah satu objek wisata Kota Malang oleh Bapak Eddy Slamet, beliau adalah Bupati Kota Malang yang sedang bertugas pada saat itu. Semenjak diresmikan menjadi objek wisata Kota Malang, objek wisata ini  semakin dikenal banyak orang dan bahkan menjadi salah satu wisata andalan Kota Malang.

Mitos Pantai Balekambang

Pantai Balekambang disebut pantai selatan karena letaknya di kawasan selatan Pulau Jawa. Pantai Selatan identik dengan mitos-mitos yang berbau mistis. Salah satunya mitos yang beredar di objek wisata pantai ini. Konon katanya pengunjung yang datang dengan pasanganya tapi belum sah atau belum menikah akan putus hubungannya. Mitos lain yang beredar di objek wisata ini adalah adanya sumber air di sekitar lokasi wisata ini yang dipercaya bisa membuat wajah awet muda. Maka tak heran para wisatawan rela antri untuk dapat mengusap wajah mereka dengan air tersebut.

keindahan pantai balekambang malang
Foto by instagram.com/vemalytraveler/

Jalan Menuju Lokasi

Objek wisata pantai ini terletak di Dusun Sumber Jambe di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kota Malang. Jalan menuju Pantai Balekambang sekarang sudah bagus beraspal, sehingga banyak sekalian pilihan transportasi yang dapat digunakan. Pantai ini merupakan pantai di Kota Malang yang mudah untuk dijangkau. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi (mobil atau

motor) maupun angkutan umum. Pantai ini sendiri terletak 60 km dari pusat Kota Malang dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam. Ada dua rute yang bisa dipilih, yaitu Malang – Bululawang dan Malang – Kepanjen.

Berikut contoh jika memilih rute Malang – Bululawang. Untuk kamu yang mau menggunakan transportasi umum dari Terminal Arjosari Malang, kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum jurusan Terminal Gadang. Lalu dari Terminal Gadang kamu harus naik angkutan umum lagi dengan Jurusan Bantur yang akan melalui Kecamatan Gondanglegi dan Pagelaran. Sesampainya di Bantur, kamu hanya bisa menggunakan jasa ojek untuk sampai di lokasi wisata ini.

keindahan pantai balekambang
Foto by instagram.com/sukamoto.official/

Untuk kamu yang gak suka ribet harus oper naik angkutan umum dan ojek, kamu bisa menyewa mobil beserta drivernya. Atau jika mau bisa ikut tour and travel. Sekarang banyak sekali tour and travel yang menyediakan paket lengkap wisata Kota Malang, salah satunya berkunjung ke Pantai Balekambang.

Baca Juga : Alun Alun Malang, Tempat Wisata Gratis dan Strategis

Di sepanjang perjalanan, kamu akan melewati hutan tropis dan hutan jati. Meskipun jalan menuju Pantai Balekambang sudah bagus beraspal, kamu tetap harus berhati-hati jika menggunakan kendaraan pribadi, karena beberapa ruas jalan sempit dan ada tikungan tajam.

Harga Tiket Masuk 

Untuk menikmati keindahan Pantai Balekambang, kamu akan harus membeli tiket masuk seharga Rp 15.000,- per orang. Sedangkan biaya parkir di lokasi wisata ini  akan dikenakan tarif, untuk kendaraan roda dua tarif parkirnya ada Rp 5.000,- , lalu untuk kendaraan roda empat tarif parkirnya Rp 10.000,- , sedangkan untuk bus akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 15.000,-. Semua biaya itu nantinya akan digunakan untuk perawatan kawasan wisata di sekitar Pantai.

keindahan balekambang malang
Foto by instagram.com/dedisazi/

Objek Wisata di Sekitar Lokasi

Pantai Balekambang mempunyai beberapa objek wisata yang bisa kamu nikmati. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Pemandangan Pantai 

Setelah menempuh perjalanan yang cukup panjang menuju Pantai Balekambang, kamu akan disambut degan cantiknya lautan biru dan debur suara ombak yang pecah saat bertemu dengan karang. Sunset/ sunrise dan debur suara ombak menjadi suguhan utama di Pantai Balekambang ini. Hamparan pasir putih yang bersih menjadi ciri khas dari Pantai Balekambang. Suasana tenang dan suara deburan ombak membuat hati makin nyaman.

Indahnya Karang-Karang

Pantai Balekambang memiliki air yang jernih, ini yang membuat para pengunjung ingin bermain air. Selain bermain air, para pengunjung juga bisa melihat indahnya batu karang dibalik jernihnya air Pantai. Saat air surut, karang-karang di sekitar pantai akan bermunculan.

Menikmati Indahnya Pulau Ismoyo 

foto keindahan balekambang
Foto by instagram.com/dewanata.rch/

Pantai Balekambang dikelilingi beberapa pulau. Salah satu diantaranya adalah Pulau Ismoyo. Terdapat jembatan penghubung antara Pantai Balekambang dan Pulau Ismoyo. Di Pulau Ismoyo terdapat Pura Amarta Jati. Pura Amarta Jati sering menjadi lokasi beberapa ritual ibada umat Hindu, salah satunya adalah upacara Hari Raya Nyepi. Pura Amarta Jati juga sering digunakan para pengunjung menjadi spot berfoto.

Wisata Religi Malam Suro 

Selain menjadi wisata alam, Pantai Balekambang juga menjadi lokasi wisata religi. Salah satunya dalam peringatan malam satu suro. Bagi umat muslim, banyak yang berziarah ke makam Syaikh Abdul Jalil. Menurut cerita warga, Syaikh Abdul Jalil merupakan ulama yang berasal dari Jogja yang  pertama kali membuka hutan menuju lokasi wisata Balekambang. Karena jasanya tersebut, warga menghormati dengan memugar makamnya. Makam beliau terletak kurang lebih 1 km dari lokasi wisata pantai ini, letaknya terpencil di tepi Kali Berek.

Baca Juga : Lembah Tumpang: Wisata ala Zaman Kerajaan Hindu Kuno

Wisata Religi Upacara Hari Raya Nyepi di Pantai Balekambang

Selain menjadi lokasi wisata religi bagi umat Muslim, Pantai Balekambang juga menjadi lokasi wisata religi bagi umat Hindu. Ini dikarenkan adanya Pura Amarta Jati yang berada di Pulau Ismoyo, pulau yang dapat dijangkau dengan menggunakan jembatan dari Pantai.

Saat hari raya Nyepi, mendadak pengunjung lebih ramai dari biasanya. Para pengunjung ingin melihat berlangsungnya upacara hari raya Nyepi. Namun demikian, para pengunjung diminta untuk dapat mematuhi norma yang ada ketika upacara berlangsung.

gambar keindahan balekambang
Foto by instagram.com/explore_wisata_malang/

Outbound 

Selain menikamti keindahan Pantai yang memikat hati, Pulau Ismoyo serta wisata religi, pengunjung dapat menikmati kegiatan outbound.

Di Pantai ini kamu dapat mendirikan tenda untuk berkemah dan bermalam membuat api unggun. Namun semua peralatan berkemah harus kamu siapkan atau bawa sendiri dari rumah, karena pihak pengelola Pantai Balekambang tidak menyediakan persewaan peralatan berkemah.

Selain bisa berkemah, kamu juga dapat merasakan asyiknya bermain flying fox dengan pemandangan indah Pantai Balekambang. Cukup dengan membayar Rp 20.000,- kamu sudah bisa bermain flying fox.