Belajar sambil Berwisata di Museum Angkut Malang

museum angkut malang
Foto by instagram.com/andreas_yudhistira/

Kota Malang menjadi salah satu kota destinasi wisata yang cukup populer karena banyak wisata favorit yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Nah, salah satu destinasi wisata Malang yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga adalah Museum Angkut Malang. Museum ini menawarkan ragam alat transportasi dari zaman dahulu hingga zaman sekarang dari seluruh dunia.

Lokasi dan Sejarah Museum Angkut Malang

Museum Angkut beralamat di Kota Batu, tepatnya berada di Jalan Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik. Lokasi wisata ini cukup strategis karena berada di pusat kota dan bisa ditempuh dari alun-alun Batu selama 10 menit.

Museum Angkut Batu mulai beroperasi sejak tanggal 9 Maret 2014 dan menjadi destinasi favorit para wisatawan yang sedang berlibur di kota Batu. Destinasi wisata ini dikelola oleh Jawa Timur Park Group yang juga mengelola beberapa wisata keluarga Jawa Timur lain, seperti Jatim Park 1, Jatim Park 2, Batu Secret Zoo, Batu Night Spectacular, Museum Satwa, dan Eco Green Park.

Museum ini menjadi salah sau museum alat transportasi terlengkap di Indonesia, bahkan di Asia. Beragam jenis alat transportasi dengan lebih dari 450 koleksi mobil kuno maupun modern tersedia di museum ini. Selain itu, di museum ini juga tersedia koleksi kendaraan langka yang menjadi kebanggaan Indonesia dikancah internasional.

Wahana di Museum Angkut Malang

Museum Angkut memiliki luas wilayah sekiar 3,8 hektar dan berada di lereng Gunung Padermangan. Lokasinya yang sejuk khas pegunungan kota Malang membuat pengunjung betah berkeliling menikmati seluruh wahana yang tersedia di Museum Angkut Malang. Menikmati setiap zona yang ada di museum ini akan menambah wawasan dan pengetahuan mengenai sejarah alat transportasi di dunia.

1.  Zona Hall Utama

foto museum angkut
Foto by instagram.com/newcoffemilkpicts/

Zona ini akan Anda jumpai ketika Anda mulai memasuki wisata Museum Angkut Batu. Pada hall utama ini terdapa dua lantai yang berisi koleksi alat transportasi dari seluruh dunia. Di lantai 1, Anda akan disuguhkan aneka koleksi motor dan mobil lintas zaman dari berbagai negara. Sedangkan di lantai 2, ada replika air force pesawat kepresidenan yang di dalamnya terdapat beberapa fasilitas, seperti ruang meeting hingga kamar tidur Presiden.

2.  Zona Edukasi

Bagi Anda yang ingin mengetahui sejarah perkembangan alat transportasi, Anda bisa masuk ke zona edukasi. Zona ini berada dalam satu ruangan di hall utama dengan luas 900 meter. Anda akan disuguhkan perkembangan alat transportasi dari seluruh dunia dari zaman ke zaman, mulai dari sepeda, motor, mobil, kereta api, hingga menuju era mobil listrik. Salah satu kendaraan favorit yang ada di zona ini adalah mobil Chrysler Windsor Deluxe yang pernah dikendarai oleh Presiden Soekarno.

Baca Juga : Menjajal Paralayang Batu Malang, Menantang dan Epik!

3.  Zona Batavia dan Pecinan

Pada zona ini Anda akan disuguhkan nuansa kota Jakarta zaman dulu. Lokasi ini berupa outdoor yang akan mengantarkan Anda menyusuri zaman sebelum Indonesia merdeka. Di zona ini terdapat replika Menara Syahbandar dan terdapat berbagai kendaraan pada zaman kolonial Belanda di Indonesia.

4.  Zona Gangster Town dan Broadway Street

foto museum angkut malang
Foto instagram.com/dickykurniawanh/

Bagi Anda yang suka nuansa gangster ala Amerika, zona ini akan menjadi zona favorit untuk mengabadikan momen Anda di Museum Angkut Malang. Zona ini menjadi replikasi keadaan daerah New York dan California yang terkenal dengan gangster dan broadway.  Di sini Anda akan disuguhkan perkembangkan dunia hiburan Amerika Serikat yang ditampilkan dengan sangat menarik.

5.  Zona Eropa

Berbeda dengan Zona Gangster, di Zona Eropa Anda akan disuguhkan nuansa malam hari khas Eropa. Di sini terdapat aneka alat trnasportasi mulai dari Volkswagen, Vespa, hingga Rolls Royce.

6.  Zona Istana Buckingham

Selain zona Eropa, Anda bisa melihat perkembangan alat transportasi Eropa di Zona Istana Buckingham. Di sini Anda akan melihat replika istana Buckingham yang merupakan simbol kemegahan keluarga kerajaan. Di zona ini Anda akan disuguhkan beragam alat transportasi Eropa mulai dari Mini Cooper, Land Rover, hingga kendaraan yang pernah digunakan Ratu Elizabeth.

7.  Zona Las Vegas

gambar museum angkut malang
Foto by instagram.com/dickykurniawanh/

Bagi Anda yang ingin merasakan kota hiburan ala Amerika,  zona ini bisa menjadi hiburan Anda tanpa harus jauh-jauh menuju Las Vegas. Di sini terdapat bangunan yang menyerupai suasana Las Vegas yang terkenal dengan kota judi lengkap dengan beragam jenis kendaraan yang ada di jalanan kota Las Vegas.

8.  Zona Hollywood

Bagi Anda yang penasaran dengan suasana hollywood yang terdapat di Los Angeles Amerika Serikat, Anda bisa mengunjungi Zona Hollywood di Museum Angkut Malang. Di sini Anda akan disuguhkan perkembangan alat transportasi yang pernah digunakan dalam pembuatan film-film hollywood.

zona edukasi museum angkut
Foto by instagram.com/ardhaperdana7/

9.  Zona Pasar Apung

Bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh dan souvenir khas Museum Angkut, Anda bisa masuk ke Zona Pasar Apung. Di zona ini Anda akan merasakan suasana pasar tempo dulu yang menjadi interior utama di Zona Pasar Apung.

10.  Zona D’Topeng Kingdom

Bagi Anda yang ingin mengetahui ragam topeng khas Indonesia, Zona D’Topeng Kingdom bisa menjadi pilihan Anda. Di sini terdapat beragam jenis topeng lengkap dengan sejarah yang akan membantu Anda untuk mengetahui sejarah warisan budaya Indonesia.

11.  Zona Flight Training

Pada zona ini Anda bisa belajar menjadi seorang pilot dengan ruangan yang didesain seperti kokpit pesawat. Hanya saja untuk mencoba wahana ini, Anda harus membayar biaya tambahan di luar biaya tiket masuk Museum Angkut Malang.

Baca Juga : 6 Keindahan Pantai Goa Cina Yang Perlu Anda Ketahui

Fasilitas di Museum Angkut

museum transpostasi malang
Foto by instagram.com/adamanstywn/

Fasilitas yang disediakan di Museum Angkut cukup lengkap yang akan membuat Anda betah berada di lokasi ini tanpa rasa khawatir. Di Museum Angkut tersedia mushola yang luas, pusat informasi, loker penitipan barang, hingga pusat charger yang bisa Anda nikmati secara gratis untuk men-charger barang elektronik.

Ada juga ATM center, food court, dan fasilitas free wifi dengan akses tanpa batas.  Bagi para disabilitas mupun keluarga yang tidak kuat berjalan tersedia kursi roda secara gratis. Selain itu, tersedia juga fasilitas toilet umum dan toilet khusus disabilitas. Di sini juga tersedia free shuttle car dengan rute Jatim Park 1 ke Museum Angkut. Ada juga angkutan gratis Jatim Park Group dengan pusat terminal di Jatim Park 3.

Harga Tiket Masuk

Museum Angkut buka setiap hari mulai pukul 12.00 hingga 20.00. Bagi Anda yang ingin mengunjungi museum ini, anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp70.000,- saat weekday dan Rp100.000,- saat weekend dan hari libur nasional. Tiket masuk ini diperuntukkan bagi anak dengan tinggi minimal 85 cm. Dan bagi Anda yang membawa peralatan perekaman maupun fotografi, seperti DSLR akan dikenai biaya tambahan.

Meskipun banyak tempat wisata yang berada di kota Batu, Museum Angkut Malang bisa Anda jadikan referensi destinasi wisata kota Malang. Anda juga bisa membeli tiket terusan beragam wisata di bawah Jawa Timur Park Group dengan harga yang lebih terjangkau.