Lembah Tumpang: Wisata ala Zaman Kerajaan Hindu Kuno

keindahan spot foto lembah tumpang
Foto by instagram.com/ngalamkipa/

Kini Malang menawarkan beragam obyek wisata baru yang bisa Anda jadikan tujuan wisata saat berkunjung di Kota Malang. Salah satu destinasi wisata terbaru Malang yang menarik untuk dikunjungi adalah Lembah Tumpang Malang. Destinasi wisata ini menawarkan ragam keindahan panorama alam dipadu dengan suasana khas Zaman Hindu Kuno.

Keindahan Lembah Tumpang Resort Malang

Lembah Tumpang Resort menawarkan wisata keluarga yang unik dengan keindahan alam yang bisa dinikmati untuk segala usia. Meskipun terletak jauh dari pusat perkotaan, tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata viral di media sosial. Inilah yang membuat Lembang Tumpang Resort banyak dikunjungi wisatawan untuk menikmati keindahan panoramanya.

Tak hanya keindahan panoramanya saja yang menarik perhatian wisatawan, beberapa spot menarik di lokasi ini juga sayang untuk dilewatkan. Meskipun lokasi ini masih dalam tahap pembangunan, Anda tetap dapa menikmati secara leluasa beberapa spot menarik yang bisa dieksplor bersama keluarga.

1.  Suasana Khas Zaman Hindu Kuno

Wisata Lembah Tumpang Malang didesain sangat unik karena akan mengingatkan Anda pada zaman Kerajaan Majapahit. Setelah memasuki gerbang pintu masuk, Anda akan disambut dengan beragam patung yang biasa ditemui di berbagai candi Hindu lainnya. Salah satu patung yang terdapat di lokasi ini adalah patung tri murti yang terdiri dari Dewa Brahmana, Dewa Siwa, dan Dewa Wisnu.

keindahan lembah tumpang
Foto by instagram.com/amazingmalang/

Selain terdapat beberapa patung yang menghiasi lokasi Lembah Tumpang Resort Malang, Anda juga akan disuguhkan candi Hindu yang berada di tengah-tengah kolam. Meskpun berada di tengah kolam, Anda bisa naik ke atas candi dan berfoto ria bersama keluarga maupun pasangan.

Di lokasi ini juga terdapat beragam miniatur peninggalan zaman Hindu Kuno yang bisa Anda eksplor lengkap dengan bangunan purbakala lainnya. Dengan perpaduan hijaunya alam dipadu dengan suasana khas kerajaan Hindu Lama akan membuat Anda serasa berada menjadi raja dan ratu di kerajaan tempo dulu. Pengalaman menjelajah seluruh tempat di Lembah Tumpang Resort akan mengingatkan Anda pada kejayaan kerajaan Hindu di Indonesia.

Baca Juga : Serunya Wisata Edukasi di Kusuma Agrowisata Batu

2.  Surga Para Pecinta Fotografi

Pemandangan yang menarik ditambah dengan beragam arsitektur khas kerajaan Hindu Lama sangat sayang untuk dilewatkan oleh para pecinta fotografi  Bagi Anda yang suka memotret ataupun dipotret, ada beberapa spot menarik yang bisa dieksplor di lahan seluas 20 hektar ini. Dukungan panorama alam di sekitarnya menjadikan Lembah Tumpang Malang memiliki landscape unik yang akan membuat hasil foto Anda mirip dengan kondisi zaman dulu.

Selain aneka patung dan bangunan hindu lama yang menjadi ikon wisata Lembah Tumpang, Anda juga bisa mengabadikan momen bersama keluarga maupun pasangan dengan menikmati aneka wahana yang tersedia. Dengan menjelajah seluruh spot foto yang tersedia, Anda bisa berlagak seperti layaknya raja dan ratu tempo dulu tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Beberapa spot foto yang disediakan cukup instagramable dan menjadi spot keren di Lembah Tumpang. Selain ragam patung dan candi, terdapat juga batu dengan patung dinosaurus yang akan membawa Anda ke zaman purbakala. Bagi yang ingin berfoto dengan menampilkan keindahan alam, Anda bisa berfoto ria di beberapa taman yang sudah ditata dengan begitu indah.

spot foto lembah tumpang malang
Foto by instagram.com/g_neshaputra/

3.  Menikmati Wahana Air yang Menyegarkan

Menjadi sarana rekreasi keluarga yang nyaman, di lokasi Lembah Tumpang Resort Malang memiliki aneka wahana permainan air yang bisa dinikmati oleh anak-anak hingga dewasa. Di kawasan ini terdapat kolam renang dengan air jernih yang menyejukkan khas pedesaan.

Meskipun tidak semua kolam diperbolehkan untuk dijadikan sarana berenang, ada satu kolam untuk mandi yang bisa dinikmati bersama keluarga. Sambil menemani anak-anak menikmati wahana air yang tersedia, Anda bisa bersantai sejenak dengan menikmati angin sejuk yang bebas polusi yang akan membuat pikiran Anda semakin segar.

4.  Area Outbond yang Nyaman

Bagi Anda pecinta olahraga yang memacu adrenalin, di lokasi ini disediakan area outbond yang aman dan bisa dinikmati oleh seluruh kelompok usia. Di lokasi ini sering juga dijadikan tempat berkumpulnya para komunitas yang menyukai olahraga ekstrem. Bahkan bagi Anda yang menyukai kegiatan berkemah, disediakan lahan untuk berkemah dengan panorama indah pedesaan.

keindahan lembah tumpang malang
Foto by instagram.com/aning_ragil/

Lokasi

Lembah Tumpang Resort Malang terletak di jalan Slamet Gg. Gumuk Agung, Nglanggang, Desa Slamet, Kecamatan Tumpang. Lokasi wisata ini terletak cukup jauh dari perkotaan, sehingga ketika mengunjungi lokasi ini Anda akan disuguhkan pemandangan khas pedesaan yang asri dan sejuk.

Lokasinya berjarak sekitar 2 jam dari Gunung Bromo. Rute menuju lokasi ini bisa ditempuh dengan menuju arah selatan dari Kota Malang menuju arah Kecamatan Tumpang melalui Sawojajar. Untuk menuju lokasi akan ada tugu perbatasan Pakis-Tumpang, di sana terdapat pangkalan ojek dan belok kiri untuk menuju lokasi. Lanjut akan ada pertigaan dan belok kanan. Nah, di sanalah lokasi Lembah Tumpang Resort Malang bisa Anda kunjungi.

Fasilitas

Lembah Tumpang Malang didukung oleh beragam fasilitas yang akan membuat Anda betah berlama-lama berlibur bersama keluarga maupun pasangan. Bagi yang ingin menjelajah tanpa harus berjalan kaki, di lokasi ini juga disediakan area naik kuda maupun delman yang bisa ditebus dengan menambah biaya tambahan.

Beberapa fasilitas Lembah Tumpang Resort Malang sudah cukup lengkap. Adanya toilet yang bersih akan membuat nyaman Anda jika Anda berencana berlibur selama seharian maupun ketika ada rencana untuk berkemah di lokasi ini. Dengan dukungan lahan seluas 20 hektar, lokasi ini memiliki area parkir yang cukup luas dan aman selama 24 jam.

Baca Juga : Menjajal Paralayang Batu Malang, Menantang dan Epik!

Selain itu, adanya beberapa rumah makan yang tersedia di lokasi ini akan memanjakan lidah Anda dengan masakan khas Jawa Timur dengan harga yang ramah di kantong. Akan tetapi bagi Anda yang berencana berkemah di lokasi ini, disarankan untuk membawa perbekalan yang cukup karena rumah makan yang tersedia tidak membuka tempat makannya hingga 24 jam.

Rencananya lokasi ini akan dibangun sebuah penginapan yang ada di area lokasi Lembah Tumpang Resort Malang. Meskipun belum sepenuhnya jadi, hal ini tentu saja akan menambah angin segar bagi para wisatawan luar kota Malang.

spot foto lembah tumpang
Foto by instagram.com/amazingmalang/

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga tiket masuk ke lokasi ini  sebesar Rp50.000,- per orang yang sudah lengkap untuk masuk ke kolam renangnya. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp5.000,- dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp10.000,-.

Lokasi wisata ini buka setiap harinya mulai dari pukul 08.00 hingga 17.00. bagi Anda yang ingin menjelajah dengan puas di lokasi ini, ada baiknya Anda memiliki weekday karena saat weekend atau hari libur lokasi menjadi cukup ramai.

Dengan adanya lokasi Lembah Tumpang Malang ini tentunya akan menambah daftar obyek wisata yang patut dikunjungi di kota Malang. Meskipun tergolong baru, destinasi wisata ini bisa Anda kunjungi karena keindahan panorama khas kerajaan Hindu Lama.