Serunya Wisata Edukasi di Kusuma Agrowisata Batu

Kawasan Wisata Kusuma Agrowisata
Foto by instagram.com/de.tjangkul/

Berbicara tempat wisata di Batu seakan tidak ada habisnya karena selalu ada saja tempat wisata yang menarik untuk dibicarakan. Nah, tempat wisata tersebut bernama Kusuma Agrowisata Batu. Apa sih yang menarik dari tempat wisata ini? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Wahana di Kusuma Agrowisata

Kusuma Agrowisata merupakan sebuah perkebunan buah yang sangat luas serta berfungsi sebagai tempat eduwisata di mana para wisatawan dapat belajar dan memetik buah langsung dari pohonnya. Selain itu, tersedia juga beragam wahana menarik lainnya seperti Outbond, ATV, War Game, Waterpark, dan kini telah disediakan wahana terbaru yaitu De Tjangkul.

1. Wisata Petik

Wisata Petik Apel Kusuma Agro
Foto by instagram.com/agrowisata/

Untuk wisata petik buah, ada beragam jenis buah yang berada di perkebunan yang telah ada sejak tahun 1991 ini. Buah-buahan tersebut adalah apel, strawberry, buah naga, jambu merah, dan jeruk. Selain buah-buahan, terdapat juga beragam jenis sayur-sayuran yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Tanaman buah dan sayuran di tempat ini tanpa pestisida jadi sangat sehat dan tentunya segar karena langsung dipetik dari tanamannya langsung. Para pengunjung dapat memetik dan memakannya juga.

Para pengunjung tidak perlu khawatir karena selain bebas pestisida, tanaman dan buah-buahan yang ada di sini juga dari bibit unggulan jadi rasanya manis serta menyegarkan.

2. Outbond

Out bond Agrowisata Resort
Foto by instagram.com/mr_al.d/

Merasa bosan hanya melihat pemandangan tanaman atau kegiatan agrowisata saja, tenang karena di sini juga disediakan wahana Outbond. Ada beberapa jenis kegiatan Outbond di Kusuma Agrowisata yaitu untuk Dewasa, pelajar SMP/ SMA, dan anak-anak.

3. De Tjangkul

Spot foto kini menjadi tren yang menjadi daya tarik dalam sebuah tempat wisata. Di sini, para pengunjung juga dapat menikmati berbagai spot foto unik yang telah disediaka. Tak hanya berfoto, Anda juga bisa menyewa kostum-kostum lucu yang sesuai dengan spot fotonya.

De Tjangkul Agrowisata Resort
Foto by instagram.com/rudipapilana/

Area swafoto ini seperti Sepeda Angin, Taman Kelinci, Kursi View Pegunungan, Rumah Terbalik, Rumah Liliput, dan Patung-Patung Instagenic. Selain itu, juga ada spot Kincir Angin Amsterdam, Rumah Bunga, Bajak Sawah, Rumah Balon, Area Terbuka Hijau, Ayunan, dan banyak lainnya.

Untuk tiket masuk ke wahana De Tjangkul sendiri gratis, namun jika ingin berfoto ria ada biaya tambahan sebesar Rp10.000.

4. Waterpark

Wahana Kusuma Waterpark
Foto by instagram.com/batuexplore/

Puas berkeliling dan berfoto, Anda beserta keluarga atau rombongan dapat mendatangi Waterpark untuk bermain air. Waterpark ini juga dilengkapi beberapa wahana diantaranya adalah seluncuran spiral panjang, pintu air, ember tumpah, kolam mini, River Tubing, payung air, dan banyak lainnya.

Baca JugaBerburu Spot Foto Instagramable di Batu Flower Garden

Fasilitas yang Disediakan

Membicarakan mengenai fasilitas yang ada di tempat wisata yang dikelola secara profesional ini lumayan lengkap. Terdapat tempat ibadah, toilet, gazebo, parkir luas, kamar ganti, kamar bilas, kamar mandi, tempat belanja, tempat makan, dan tersedia juga hotel.

Alamat dan Rute ke Kusuma Agrowisata

Kusuma Agrowisata Resort
Foto by instagram.com/ayoeastjava/

Untuk Anda yang ingin datang ke Kusuma Argowisata Batu, tempat wisata ini berada di Jalan Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kecamatan Batu, Jawa Timur. Lokasi wisata ini tidak begitu jauh dari letak exit tol Karangploso yaitu sekitar 30 kilometer jaraknya.

Saat melakukan perjalanan sampai di lokasi, Anda juga akan ditemani pemandangan sawah terasering yang indah. Letaknya yang berada pada ketinggian sekitar 1000 m di atas permukaan air laut membuat udaranya terasa sejuk.

Jika Anda telah sampai di kawasan Hotel Kusuma Agro, akan ada petugas parkir yang menanyakan tujuan kedatangan Anda yaitu ingin berwisata atau menginap di hotel. Karena tujuan Anda adalah berwisata, maka jawab demikian. Anda akan langsung diarahkan menuju area parkir untuk wisatawan Kusuma Agrowisata.

Area parkir di sini terbilang lengkap fasilitasnya karena disediakan juga jalur untuk kursi roda atau kereta bayi, dan disabilatas. Jarak area parkir dengan pintu masuk Kusuma Agrowisata cukup jauh yaitu sekitar 500 meter.

Foto De Tjangkul Agrowisata
Foto by instagram.com/de.tjangkul/

Jam Buka

Kusuma Agrowisata buka setiap hari mulai dari jam 7 pagi hingga jam 6 sore. Di sini tersedia juga resort dengan fasilitas dan pemandangan tak kalah kerennya dari resort-resort lain di kota Batu. Jadi, jika kemalaman atau ingin lebih lama berada di sini, Anda dapat menginap di Resort Kusuma Agrowisata.

Harga Tiket Masuk Kusuma Agrowisata & Jam Buka

Berikut ini daftar harga tiket masuk atau paket wahana-wahana di Kusuma Agrowisata, yaitu:

  1. HTM Ayok Panen Jambu sebesar Rp25.000 dengan fasilitas berupa petik jambu, makan jambu sepuasnya, jus jambu dan wahana Waterpark.
  2. HTM Ayok Panen Jeruk sebesar Rp35.000 dengan fasilitas berupa petik jeruk, makan jeruk sepuasnya, jus Jeruk serta wahana Waterpark.
  3. HTM Ayok Petik Apel sebesar Rp60.000 dengan fasilitas berupa memetik buah apel, makan apel sepuasnya, salad apel dan wahana Waterpark.
  4. HTM Ayok Petik Naga sebesar Rp60.000 dengan fasilitas berupa memetik buah naga, makan buah naga sepuasnya, salad naga dan wahana Waterpark.
  5. HTM Ayok Petik Strawberry sebesar Rp60.000 dengan fasilitas berupa memetik buah strawberry, makan strawberry sepuasnya, salad strawberry dan wahana Waterpark.
  6. HTM Waterpark sebesar Rp20.000 untuk hari biasa dan Rp25.000 untuk akhir pekan.
  7. Paket Hore (terusan) sebesar Rp105.000 dengan fasilitas berupa memetik buah apel, jambu jeruk, Puff Pastry, Fruit Juice, dan Waterpark.
  8. Paket Boom sebesar Rp115.000 dengan fasilitas berupa memetik buah apel, buah naga/ strawberry, jambu, Puff Pastry, Fruit Juice, dan Waterpark.
  9. Paket Edukasi sebesar Rp120.000 dengan fasilitas berupa presentasi, petik apel dan makan sepuasnya, Puff Pastry, Fruit Juice, Lunch Box, dan Waterpark.
  10. Ekskul Biologi sebesar Rp135.000 dengan fasilitas berupa presentasi, ekskul boiologi, petik apel dan makan sepuasnya, Puff Pastry, Fruit Juice, Lunch Box, dan Waterpark.
Keindahan Agrowisata Resort
Foto by instagram.com/agrowisata/

Baca Juga : Batu Night Spectacular (BNS): Wisata Malam Keluarga

Selain Argowisata, ada juga paket dan tiket masuk untuk menikmati Adventure Game. Ini adalah kegiatan layaknya Outbond untuk beradu strategi sehingga tak hanya menegangkan tapi juga menyenangkan.

Berikut ini daftar HTM Adventure Game Kusuma Agrowisata, antara lain:

  1. Paint Ball Combat sebesar Rp100.000 /orang (minimal 10 orang)
  2. Air Softgun sebesar Rp100.000/orang ( minimal 10 orang)
  3. Motor Cross Funride sebesar Rp50.000 /kendaraan
  4. Komodo Car (rute pendek) sebesar Rp100.000 /kendaraan
  5. Komodo Car (rute panjang) sebesar Rp250.000 /kendaraan
  6. Flying Fox sebesar Rp25.000
  7. Paket Transit sebesar Rp15.000
  8. Paket transit + Breakfast sebesar Rp25.000

Para wisatawan tidak hanya dapat menikmati wisata petik, kegiatan Outbond, mengandarai ATV, bermain airsoft gun kami, atau Flying Fox, tapi disediakan juga specialty restaurant. Restoran ini adalah Apple House dan Strawberry House dimana para pengunjung akan disuguhi menu-menu spesial berbahan dasar  buah apel atau strawberry.

Wah, menarik sekali berwisata sambil belajar di Kusuma Agrowisata Batu Malang. Apakah Anda tertarik berkunjung ke sini saat berada di Malang? Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat mengunjungi situs resmi mereka atau menghubungi Customer Service Kusuma Agrowisata (0341) 599 418. Happy Holiday!