Yuk Cari Spot Foto yang Instagramable di Kampung Warna-Warni Malang

Kota Malang dikenal dengan julukan kota wisata. Mulai dari wisata alam, wisata edukasi sampai wisata kuliner semua ada di Kota Malang. Salah satu objek wisata yang lagi viral dan hits-hitsnya oleh wisatawan yang didominasi para ABG kekinian saat ini adalah Kampung Warna-Warni Jodipan atau bisa disebut juga Kampung Pelangi Jodipan. Disebut Kampung Pelangi bukan karena kampung ini sering muncul pelangi lo ya.

kampung warna warni
Foto by instagram.com/phylia_gita/

Kalau di  Brazil punya kampung warna-warni bernama Rocinha Favela, Jogja punya Kampung Code di pinggir Kali Code, Malang juga punya Kampung Warna-Warni Jodipan yang letaknya di pinggir Sungai Brantas. Kampung ini awalnya hanyalah perkampungan kumuh yang terletak di bantaran Sungai Brantas. Adalah delapan mahasiswa jurusan Komunikasi dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) diketuai oleh Nabila Firdausiyah yang menggagas kampung wisata ini. Awalnya mereka mendapat tugas pratikum Public Relation 2 dari dosen, lalu mereka tergabung dalam Guys Pro yang memiliki ide cemerlang untuk menyulap kawasan perkampungan kumuh ini menjadi penuh warna-warni. Mereka menggandeng program corporate social responsibilities perusahaan cat lokal yang ber-merk Decofresh untuk mewujudkan kampung tersebut.

Kampung wisata ini terdiri dari ratusan deretan rumah yang dicat dengan sekitar 17 warna cerah dan mencolok. Dengan mengusung konsep “Decofresh Warnai Jodipan”, tak hanya dinding, atap rumah hingga jalanannya pun dicat dengan warna-warna cerah dan mencolok yang menjadikan kampung ini berbeda. Karena perkampungan ini berada di bantaran Sungai Brantas, rumah-rumah berdiri sesuai kontur tanah sehingga terlihat seperti bersusun.

Tak hanya dicat, dinding-dinding rumah di perkampungan terdapat lukisan mural yang sangat unik dan menarik. Hal ini membuat para pengunjung yang suka foto berkunjung hanya untuk berselfie disini. Kampung wisata ini makin populer tak lain dan tak bukan karena para pengunjung yang sudah datang mengunggah hasil foto mereka ke instagram maupun facebook.

gambar kampung warna warni
Foto by instagram.com/menapakjuju/

Kampung Wisata Jodipan ini diresmikan pada tanggal 4 September 2014 oleh Bapak Mochamad Anton selaku Wali Kota Malang didampingi Forkopimda Kota Malang, Ketua TP PKK Kota Malang dan Sekretaris Daerah Kota Malang. Dihadiri pula pencetus Kampung Warna-Warni yaitu Steven A Sugiharto (Vice President PT Indana Paint) serta Guys Pro. Keindahan warna-warni rumah warga menjadi daya tarik para wisatawan. Sejak diresmikan menjadi tempat wisata, kampung ini setiap harinya selalu ramai oleh pengunjung. Apalagi di akhir pekan dan libur panjang, pengunjung makin banyak.

Baca Juga : Wahana Wisata Seru Murah Meriah di Selecta Malang

Ada yang pernah nonton film yang berjudul “Yowis Ben”? Film yang disutradarai oleh Bayu Skak dan Fajar Nugros itu memakai Kampung Wisata Jodipan ini sebagai salah satu lokasi syuting lo. Tak heran jika setelah film itu muncul, kampung wisata ini makin ramai dikunjungi. Tak hanyak wisatawan lokal saja yang tertarik mengunjungi kampung wisata ini, ada wisatawan yang berasal dari luar kota bahkan mancanegara.

kampung warna warni jodipan
Foto by instagram.com/exploremalangraya/

Jalan Menuju Kampung Warna-Warni dan Harga Tiket Masuk

Kampung Warna-Warni Jodipan ini berlokasi di Desa Jodipan RT 06 RW 02, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Kampung wisata ini terletak di pusat Kota Malang dan sangat mudah untuk dijangkau karena lokasinya yang sangat strategis. Kampung ini ada di sekitar pasar loak dan jembatan rel kereta api. Kalau dari alun-alun Kota Malang jaraknya hanya sekitar 1,3 km. Sedangkan dari Balai Kota Malang jaraknya hanya sekitar 750 meter.

Untuk kamu yang naik kereta api dan turun di stasiun kota malang, cukup berjalan kaki atau naik becak sekitar 500 meter saja kamu sudah bisa sampai ke kampung wisata ini.

Kampung Warna-Warni Jodipan ini dibuka untuk umum setiap hari mulai jam 06.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB. Untuk dapat menikmati pemandangan serta berfoto dengan background yang unik di Kampung Warna-Warni Jodipan, kamu cukup membayar tiket masuk yang sangat murah yaitu sebesar Rp 3.000,- per orang. Untuk parkir kendaraan roda dua akan dikenakan tarif sebesar Rp 2.000,-. Untuk parkir kendaraan roda empat akan dikenakan tarif sebesar Rp 5.000,-. Sedangan untuk parkir bus akan dikenakan tarif kurang lebih Rp 15.000,- hingga Rp 25.000,-.

kampung warna warni malang
Foto by instagram.com/panorama.malang/

Sesudah membayar tiket masuk, kamu akan mendapatkan sebuah cindera mata unik berupa stiker yang menarik dan gantungan kunci yang dibuat oleh warga sekitar kampung.

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke kampung wisata ini, disarankan untuk mengendarai motor saja atau bisa juga menaiki ojek atau taxi. Karena parkir untuk mobil lahannya terbatas. Untuk kamu yang mengendarai motor bisa parkir di dekat pintu masuk yang berada di ujung jembatan Jalan Gatot Subroto.

Spot Foto di Kampung Warna-Warni Jodipan

Kamu suka berfoto? Ingin feed instagrammu unik? Yuk datang ke kampung wisata ini dan nikmati berbagai spot foto. Berikut beberapa spot foto yang ada di kampung wisata ini yang bisa kamu nikmati :

Jembatan Embong Brantas

foto kampung warna warni
Foto by instagram.com/bdsyh_teguh/

Jika kamu ingin mendapatkan view Kampung Warna-Warni secara keseluruhan, kamu bisa berfoto di atas Jembatan Embong Brantas. Di atas jembatan ini kamu akan mendapatkan pemandangan yang indah dan menarik, adanya aliran Sungai Brantas yang membelah kampung wisata ini serta ditambah dengan warna-warni rumah warga yang sangat menarik. Foto di atas jembatan ini merupakan spot foto yang tak boleh dilewatkan. Jangan heran jika nantinya kamu harus antri dengan para pengunjung lain untuk foto di atas jembatan ini.

Dinding Warna-warni

Seluruh dinding rumah warga di kampung wisata jodipan penuh dengan warna-warni cat yang cerah dan mencolok. Tak hanya dicat polos, ada beberapa dinding yang dilukisi mural. Pemandangan ini dimanfaatkan para pengunjung untuk mendapatkan foto dengan latar belakang yang unik dan menarik.

gambar kampung tridi
Foto by instagram.com/pradanadanny/

Lorong Payung

Di kampung wisata ini banyak terdapat lorong-lorong. Salah satu lorong ada yang dihiasi beberapa payung warna-warni. Hiasan payung-payung tersebut membuat suasa teduh dan tentunya membuat apik ketika dibuat background foto.

Baca Juga : Pantai Tiga Warna, Reservasi Dulu Sebelum Berkunjung!

Lukisan 3 Dimensi

Selain lukisan mural, di kampung wisata ini juga ada lukisan 3 dimensi. Ada lukisan 3 dimensi bergambar harimau, kupu-kupu, gorila dan masih banyak lagi.

kampung tridi malang
Foto by instagram.com/lenny_haerany/

Tangga Warna-warni

Karena letaknya di sekitar Sungai Brantas dan mempunyai tanah yang tidak rata, di kampung wisata ini ada banyak anak tangga. Apalagi anak tangga di kampung ini dicat warna-warni, membuat fotomu makin kece.

Jembatan Kaca

Ada yang pernah tau atau melihat jembatan gantung kaca yang ada di China? Di kampung wisata ini juga ada loo. Walaupun ukurannya kecil tak sebesar jembatan ganting kaca yang ada di China, jembatan kaca ini sering dipakai para pengunjung sebagai tempat berfoto. Selain menjadi tempat berfoto, jembatan ini berfungsi sebagai penghubung Kampung Warna-Warni dengan Kampung 3 dimensi.