5 Wahana Jatim Park 3 Terpopuler yang Wajib Kalian Coba

Apa sih serunya berlibur ke Jatim Park 3 dibandingkan dengan Jatim Park 1 dan 2? Pertanyaan tersebut biasa dilontarkan oleh yang belum pernah mampir ke Jawa Timur Park 3. Sebagai saudara bungsu dari rangkaian taman hiburan populer tersebut, wajar bila muncul banyak keraguan atas keseruan tempat wisata yang satu ini.

dino park jatim park 3
Foto by instagram.com/wiwin_yuliana/

Harga Tiket dan Jam Operasionalnya

Soal harga tiket di Jawa Timur Park 3, untuk tiket reguler pada hari kerja dikenakan biaya Rp75.000,- per orang. Sementara untuk tiket di akhir pekan dan high season seperti musim liburan, tiketnya dibanderol seharga Rp100.000,- per orang. Harga tiket tersebut sudah termasuk menjajal beberapa wahana yang ada.

Sementara untuk tiket terusan, tarif yang dipatok adalah Rp160.000,- per orang yang berlaku untuk pengunjung mulai usia 5 tahun. Dengan menggunakan tiket terusan, Anda sudah dapat menikmati berbagai pertunjukan secara gratis dan menjajal lebih banyak wahana. Khusus untuk pertunjukan seni, jika membayar tiket reguler dikenakan biaya tambahan Rp10.000,- per orang.

Sedangkan untuk jam operasional dari Jatim Park 3 sendiri, lebih siang dibandingkan kedua saudaranya, yaitu mulai pukul 11.00 WIB – 22.00 WIB. Jam buka tersebut tidak berlaku untuk semua wahana. Ada beberapa wahana yang baru dapat diakses lebih siang atau tutup lebih cepat dibandingkan jam operasional.

dinosaurus jatim park 3
Foto by instagram.com/aulia_rosberg/

5 Wahana Jatim Park 3 Terpopuler Wajib Coba

Setelah mengetahui tentang harga tiket masuk dan jam operasionalnya, Anda pasti penasaran tentang berbagai wahana yang ada di Jawa Timur Park 3, bukan? Dari sekian banyak wahana yang ada di sini, enam wahana berikut merupakan yang terpopuler dan wajib untuk dicoba :

1.  Dino Park

Wahana yang satu ini sangat jelas terinspirasi dari film sci-fi populer The Jurrasic Park. Di sini, pengunjung akan diajak mengulas secara detail perihal kehidupan dinosaurus di zaman prasejarah. Replika atau diorama berbagai spesies dinosaurus memenuhi berbagai penjuru Dino Park lengkap dengan berbagai penjelasan untuk menambah wawasan pengunjung.

dino park jawa timur park 3
Foto by instagram.com/amazingmalang/

Area yang paling direkomendasikan di Dino Park adalah Lima Zaman Dinosaurus yang mengulas tentang lima masa kehidupan binatang purbakala itu. Anda akan diajak berkeliling menggunakan kereta khusus sambil menikmati kisah lengkap transformasi hingga kepunahannya. Teknologi audio visual yang digunakan sangat mengesankan.

2.  The Legend Star Park

Tidak perlu berlibur ke luar negeri, cukup berkunjung sama ke The Legend Star Park di Jatim Park 3. Wahana ini dibuat khusus untuk memberikan pengalaman kehidupan di luar negeri pada para pengunjung. Tersedia berbagai zona negara berbeda, lengkap dengan informasi-informasi penting, kesenian, serta busana tradisionalnya.

gambar jawa timur park 3
Foto by instagram.com/amalina25/

Anda bisa mencoba pakaian tradisional dari berbagai negara tersebut untuk kemudian diabadikan melalui jepretan lensa kamera. Ada zona Korea, Jepang, Belanda, dan tidak lupa pula zona Nusantara yang menampilkan era kejayaan Kerajaan Majapahit. Selain itu ada banyak patung lilin dari berbagai pesohor dunia seperti Barack Obama, Jackie Chan, dan lain-lain.

3.  The House of Zombie

Jika taman wisata lain memiliki Rumah Hantu, berbeda dengan Jawa Timur Park 3. Pengelola memilih suguhan lain yaitu The House of Zombie atau Rumah Zombie. Konsepnya kurang lebih sama dengan Rumah Hantu. Pengunjung akan menyusuri sebuah bangunan luas dalam keadaan gelap gulita dan bersiap untuk dikejutkan oleh para zombie.

PROMO SERU!  Paket Wisata Malang 4 Hari 3 Malam

4.  Infinite World

Ruangan ini diklaim sebagai spot paling instagramable di Jatim Park 3. Wahana dalam ruangan ini menggunakan kaca di setiap sudutnya. Bukan sekadar kaca biasa, tetapi dilengkapi dengan kerlip lampu yang sangat banyak. Otomatis, berada di dalamnya akan membuat pengunjung merasa seperti sedang bermandikan cahaya.

keindahan jatim park 3
Foto by instagram.com/puput_ardiana/

5.  Museum Musik Dunia

Menyukai bidang musik? Di Jawa Timur Park 3, ada museum yang khusus mengulas tentang musik. Mulai dari sejarah kemunculan hingga perkembangannya. Tidak lupa pula display dari berbagai macam alat musik dari berbagai belahan dunia. Sebagai catatan penting, pengunjung boleh menikmati display tersebut tetapi dilarang menyentuh apalagi menggunakan.

Tidak hanya musik luar negeri saja, Museum Musik Dunia juga mengulas tentang para musisi legendaris Indonesia seperti Gesang, Koes Ploes, dan Dara Puspita. Ketiga musisi tersebut merupakan maestro yang telah meninggalkan banyak karya yang hits. Selain mendapatkan informasi perihal musik, pengunjung juga berkesempatan menikmati lantunan lagu gratis.

6.  Fun Tech Plaza

Bermain sambil belajar? Mengapa tidak!? Di Jawa Timur Park 3, terdapat wahana Fun Tech Plaza yang tidak boleh sampai dilewatkan. Sesuai namanya, wahana ini berbasis pada teknologi. Contohnya permainan Aqua Sketch di mana pengunjung diajak mewarnai berbagai spesies ikan. Setelah itu, gambar akan ditransmisikan menjadi hewan yang hidup secara virtual.

foto jatim park 3
Foto by instagram.com/moch_ridho/

Bagi yang ingin berolahraga secara virtual bisa melakukannya di Jatim Park 3 dengan mencoba The Boxer untuk olahraga tinju dan Let’s Smash untuk tenis. Sensasinya? Jangan ditanya. Meskipun dilakukan secara virtual, rangsangan yang dikirimkan pada tubuh terasa nyata sehingga terasa seolah benar-benar berolahraga. Menarik sekali, bukan?

Fasilitas Penunjang Jawa Timur Park 3

Bicara soal fasilitas penunjang dari Jawa Timur Park 3 ini relatif standar sebagaimana taman wisata pada umumnya :

  • Toilet umum.
  • Musholla.
  • Foodcourt.
  • Zona suvenir.

Khusus untuk toilet umum dan musholla dapat diakses secara gratis. Meski begitu, kondisi fasilitas publik di Jatim Park 3 ini cukup bersih dan terawat. Sementara untuk area foodcourt dan zona suvenir, banyak penjaja yang menawarkan makanan atau oleh-oleh dengan harga terjangkau. Tidak perlu takut akan membuat kantong kering.

Lokasi dan Akses Jawa Timur Park 3

Membahas tentang lokasi, Jawa Timur Park 3 berada agak terpisah jauh dari para pendahulunya. Jarak dari Jatim Park 1 dan 2 bisa mencapai 3km. Lokasi tepatnya sendiri berada di Jalan Ir. Soekarno No. 144, Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Batu, Malang. Cukup jauh pula dari pusat Kota Batu.

jawa timur park 3
Foto by instagram.com/amazingmalang/

Meski begitu, akses jalannya mulus sehingga nyaman dilalui. Sebagai destinasi wisata tersohor, tentu saja banyak moda transportasi umum yang melayani rute perjalanan ke sana. Namun bila Anda ingin menggunakan kendaraan pribadi pun tidak masalah. Mobil maupun motor dapat mencapai Jawa Timur Park 3 dengan aman.

Baca Juga : Batu Night Spectacular (BNS): Wisata Malam Keluarga

Jatim Park 3 vs Para Pendahulunya

Membicarakan soal mana yang lebih menarik untuk dikunjungi dari rangkaian taman Jawa Timur Park, maka jawabannya adalah semuanya patut untuk didatangi. Sebab, masing-masing taman hiburan memiliki pesona serta opsi wahana yang berbeda-beda. Sehingga, mereka tidak dapat dibandingkan namun memiliki value masing-masing.

Secara teknis, berikut perbedaan antara Jawa Timur Park 3 dengan para pendahulunya :

  • Jatim Park 1 lebih cenderung fokus pada permainan yang seru namun dari sisi edukasinya tidak terlalu menonjol.
  • Jatim Park 2 menggabungkan permainan dan edukasi secara seimbang.
  • Jatim Park 3 lebih fokus pada detail edukasi dibandingkan keseruan permainan.

Meski begitu, menikmati Jatim Park 3 bersama pendahulunya dalam satu waktu akan sangat menyenangkan sebab mereka dapat saling melengkapi.

Untuk melihat Promo Paket Wisata Bromo, bisa langsung klik di sini.