Farmhouse Lembang, Mini Eropa di Bandung Barat

Berwisata ke Bandung Barat, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Farmhouse Lembang. Lokasi tempat wisata ini berdekatan dengan Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Putri, dan Wisata Hutan Pinus Pal 16. Jadi, tidak ada salahnya Anda memasukkan Farmhouse ke dalam daftar kunjungan selama di Bandung.

Tempat wisata yang diresmikan pada bulan Juli tahun 2015 lalu ini dikelola oleh pengelola yang sama dengan D’ Ranch, Rumah Sosis, dan Floating Market. Tak heran jika Farmhouse memiliki sistem tiket yang dapat ditukar dengan makanan atau minuman seperti tempat-tempat wisata tersebut.

Ciri khas Farmhouse Lembang ialah bangunan khas Eropa seperti villa dan taman dengan bunga-bunga khas negara Eropa seperti tulip. Selain itu, masih banyak lagi sisi menarik dari Farmhouse Lembang yang akan diulas di sini.

Mini Eropa ala Farmhouse Lembang

Karena tempatnya yang luas dan memiliki sudut-sudut yang romantis, Farmhouse Lembang kerap dijadikan sebagai lokasi untuk pemotretan pre-wedding. Di sini juga terdapat bangunan khusus untuk menyelenggarakan pesta seperti resepsi pernikahan, ulang tahun, pertemuan, event korporat, dan acara keluarga. Berikut ini tempat menarik dan kegiatan di Farmhouse Lembang yang dapat dilakukan.

1. Rumah-rumah Unik Gaya Eropa

Rumah-rumah bergaya Eropa yang merupakan ikon Farmhouse biasa dijadikan spot foto oleh pengunjung karena keunikannya. Gaya arsitektur Eropa klasik akan membuat Anda seolah sedang berfoto di luar negeri.

Selain itu, Farmhouse juga memiliki sejumlah miniatur rumah-rumah ala Cowboy yang juga tak kalah unik.

Tak hanya itu, Anda pun dapat berfoto dengan busana ala bangsawan Eropa seperti dalam film Cinderella. Untuk berfoto dengan kostum tersebut, Anda perlu menyewanya dengan harga sekitar Rp80.000 per jam.

2. Keindahan Alam Pegunungan

Farmhouse Lembang berada di daerah pegunungan, sehingga suasananya nyaman dengan udara yang segar. Hamparan pepohonan dan pegunungan yang hijau mampu menyegarkan pikiran setelah kesibukan bekerja selama sepekan.

3. Rumah Kurcaci

Di Farmhouse Lembang terdapat rumah kurcaci yang berbentuk mungil. Rumah-rumah kecil tersebut berada di perbukitan yang dikelilingi bunga-bunga. Rumah kurcaci ini didesain seperti rumah Hobbit dalam film.

Jika ingin masuk, Anda harus membungkukkan badan karena ukurannya yang mini. Rumah kurcaci atau rumah Hobbit ini sangat cocok untuk tempat berfoto atau bermain bersama anak-anak.

4. Kebun Binatang Mini dan Taman

Farmhouse Lembang memiliki koleksi hewan-hewan jinak yang dapat diajak bermain yaitu kelinci, iguana, burung, biri-biri, dan kuda. Kebun binatang mini ini cocok untuk mengenalkan dunia binatang kepada anak-anak. Karena jinak dan dijaga oleh petugas khusus yang menjaga kebersihan dan kesehatannya, hewan-hewan di sini aman untuk berinteraksi dengan pengunjung.

5. Jembatan Cinta

Untuk Anda yang datang bersama pasangan, singgahlah ke Jembatan Cinta. Anda dapat memasang gembok cinta untuk merepresentasikan cinta kepada pasangan. Konsep gembok cinta di sini seperti di jembatan cinta Pont Des Arts di Paris, Prancis. Gembok dapat diartikan sebagai lambang cinta yang terkunci dan tak akan terbuka lagi.

6. Backyard Kitchen

Setelah puas berkeliling area wisata, nikmati aneka makanan di Farmhouse Lembang dengan konsep kantin di Backyard Kitchen. Tersedia beragam menu makanan ala Barat seperti; Wagyu Taste Steak, Roast Sweet Potato, Beetroot Salad, dan Spaghetti Aglio Olio dengan harga berkisar antara Rp25.000 hingga Rp150.000 per porsi.

Backyard Kitchen didesain dengan jendela kaca besar sehingga sambil makan Anda dapat melihat pemandangan di luar.

7. Pusat Oleh-oleh

Sebelum meninggalkan lokasi, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh buat keluarga dan teman-teman di rumah. Buah tangan yang bisa Anda beli mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan, hingga pakaian. Produk yang dijual merupakan produksi lokal dengan ciri khas yang tak dapat ditemukan di tempat lain.

Baca Juga : Berendam Air Panas di Pemandian Cangar Malang

Harga Tiket Masuk Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang beroperasi mulai pukul 09.00-21.00 WIB. Untuk masuk, setiap pengunjung dikenakan tiket seharga Rp25.000 per orang, sementara untuk tarif parkir mobil yaitu Rp10.000 dan parkir motor Rp5.000. Tiket masuk nantinya dapat ditukarkan dengan susu beraneka rasa dan sosis bakar yang nikmat.

Selain fasilitas berupa tempat parkir, Farmhouse juga dilengkapi sejumlah resto, toko roti, dan kedai kopi. Musala dan toilet yang ada di tempat wisata ini juga bersih dan nyaman.

Akses Menuju Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang berada di Jalan Raya Lembang No.110, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Lokasinya strategis karena berada di jalan yang menuju ke Lembang dapat dijangkau dengan kendaraan umum, yaitu angkutan kota rute Stasiun Hall – Lembang dari Bandung.

Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Bandung, ikuti jalan yang menuju ke arah Lembang tepatnya Jalan Setiabudhi – Lembang selama satu jam perjalanan. Karena berada di ruas jalan utama, cara mencapainya pun mudah.

Tips Liburan Berkesan di Farmhouse Lembang

Sebelum liburan ke Farmhouse Lembang, simak dulu tips berikut agar kunjungan ke sana semakin nyaman dan berkesan.

Farmhouse Lembang adalah tempat wisata yang sangat terkenal, sehingga ketika hari libur akan dipadati pengunjung. Oleh sebab itu, jika memungkinkan Anda dapat berkunjung di hari biasa agar dapat menikmati berbagai wahana dan befoto dengan leluasa.

Jika datang untuk berfoto, bawalah properti seperti topi, syal, dan jaket bulu yang tepat dipadukan dengan suasana Eropa di sana. Pilihlah waktu yang tepat yaitu ketika pagi atau sore hari ketika sinar matahari tidak terlalu terang. Pemandangan sore dengan kabut tipis juga akan memperindah foto yang dihasilkan.

Bagi Anda yang berlibur dengan bujet terbatas, makan di dalam Farmhouse Lembang cukup menguras dompet. Oleh karena itu, sebelum datang, isi perut terlebih dahulu dengan makanan berat. Namun, tak ada salahnya membeli camilan atau kopi dengan harga yang cukup terjangkau di area food court.

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, pastikan bahan bakar terisi penuh karena di Jalan Setiabudhi – Lembang tidak terdapat stasiun pengisian bahan bakar, demikian pula dari Farmhouse – Lembang.

Karena Lembang merupakan daerah yang sering hujan ketika sore, sebaiknya Anda membawa payung. Sebelum berangkat, Anda pun dapat mengecek kondisi cuaca melalui aplikasi pada smartphone agar tidak kecewa sampai di tujuan.

Jika tempat parkir penuh, Anda dapat memarkir kendaraan di area parkir warga dengan tarif sebesar Rp20.000 untuk satu hari. Letak area parkir ini yaitu sebelum Farmhouse dari arah Lembang.

Karena lengkapnya fasilitas dan wahana di Farmhouse Lembang, tempat ini sangat cocok untuk berlibur ala backpacker, liburan keluarga, rombongan sekolah, ataupun bulan madu bersama pasangan. Pastikan Anda telah mencatat rute, harga tiket, dan keperluan yang harus dibawa sebelum berkunjung ke tempat wisata di Bandung Barat ini.

Baca Juga : Pantai Tiga Warna, Reservasi Dulu Sebelum Berkunjung!