Pesona Desa Wisata Pujon Kidul, Alternatif Wisata Murah dan Seru

Tidak ada habisnya jika membahas tentang tempat wisata di Kota Malang. Kota Malang terkenal dengan berbagai macam wisata mulai dari wisata alam, wisata edukasi hingga wisata kuliner. Salah satu tempat wisata baru yang lagi hits sekarang adalah di Desa Wisata Pujon Kidul. Pujon sendiri terkenal karena jalan yang memiliki banyak tikungan tajam di tepi jurang. Pujon Kidul memiliki luas sekitar 7.600 meter persegi ini terletak 30 km dari pusat Kota Malang dan dapat ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 2 jam.

Sejarah Desa Wisata Pujon Kidul

Dahulu desa ini merupakan desa biasa seperti desa lain pada umumnya. Kamu tidak akan tahu desa ini jika tidak pernah melaluinya. Desa ini selalu dilewati jika kamu ingin ke Jombang dari Kota Batu. Desa ini memiliki hamparan sawah hijau serta bukit-bukit yang indah, potensi inilah yang membuat para aparatur desa membangun desa ini menjadi desa yang berbasis agrowisata. Desa ini mulai direnovasi pada tahun 2015, sedangkan diresmikan menjadi Desa Wisata Pujon Kidul oleh Bapak Rendra Kresna selaku Bupati Malang pada tahun 2017.

Desa wisata ini dikelola langsung oleh para masyarakat di Desa Pujon Kidul sendiri. Dulu banyak pengangguran di desa ini. Tapi semenjak menjadi desa wisata, banyak orang menjadi pengusaha. Semua pelaku usaha dan pekerja berasal dari desa ini semua. Omset penghasilan desa wisata ini bisa mencapai 14 miliyar rupiah per tahun. Dana ini digunakan pengelola untuk pengembangan desa wisata.

Desa Wisata Pujon Kidul buka setiap harinya mulai jam 08.00 WIB sampai dengan jam 19.00 WIB. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu, desa wisata ini buka sampai dengan jam 21.00 WIB. Untuk dapat masuk ke desa wisata ini kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 8.000,- per orang. Tiket masuk tersebut sudah termasuk voucher Rp 5.000,- yang dapat ditukarkan dengan makanan. Sedangkan untuk menikmati wahananya akan dikenakan tarif Rp 10.000,- hingga Rp 50.000,-.

Setiap harinya Desa Wisata Pujon Kidul ini selalu ramai pengunjung. Pengunjung bisa mencapai 500 orang per hari. Ketika weekend dan hari libur, pengunjung bisa naik dua hingga tiga kali lipat.

Bermain Outbound

Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan jika mengunjungi Desa Wisata Pujon Kidul. Desa wisata ini sendiri dibangun dengan tujuan utamanya adalah menjadi sarana edukatif bagi masyarakat. Salah satunya yaitu bermain outbound. Disini ada beberapa fasilitas outbound yang bisa kamu nikmati. Beberapa diantaranya yaitu bermain paintball, ATV, motor trail dan panahan.

Menikmati Pemandangan Desa Sambil Menunggangi Kuda

Untuk kamu yang ingin berkeliling desa dan menikmati pemandangan bukit dan persawahan, kamu bisa mencoba dengan menunggangi kuda. Menikmati pemandangan alam sambil menunggangi kuda memberi sensasi yang berbeda. Kalau kamu belum mahir atau belum bisa menunggangi kuda, jangan khawatir karena disini ada pemandu kuda yang akan mendampingi dan mengawalmu.

Baca Juga : Mitos Angker dan Keindahan Pantai Ngliyep

Melihat dan Berkegiatan dengan Peternak Sapi

Desa Pujon Kidul merupakan salah satu penghasil susu sapi perah di Kabupaten Malang. Kamu bisa melihat dan mengamati serunya aktivitas para peternak sapi di desa ini, mulai dari pemerahan susu hingga distribusinya. Proses pemerahan susu sapi dilakukan pada pagi hari dan sore hari. Setiap harinya ada sekitar 7 liter susu yang berhasil diperah. Setelah diperah, susu segar akan dikumpulkan dan diantar ke koperasi setempat lalu diolah lagi di pabrik susu sebelum didistribusikan.

Tak hanya bisa melihatnya saja, kamu juga bisa ikut melakukan kegiatan yang dilakukan para peternak tersebut. Kegiatan favorit para wisatawan yang datang adalah memerah susu dan meminumnya langsung.

Menikmati Pemandangan di Bukit Amping

Masih di sekitar desa wisata ini terdapat bukit yang bernama Bukit Amping. Dari atas bukit ini kamu bisa menikmati indahnya sunrise di pagi hari. Selain itu kamu juga bisa menikmati pemandangan indah Gunung Kelud, Gunung Arjuna dan Gunung Kawi.

The Roudh 78

Selain ATV dan motor trail, ada kegiatan lain yang bisa memacu adrenalinmu, yaitu The Roudh 78. Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan fisik yang memacu adrenalin. Salah satu diantaranya yaitu off road dengan menggunakan jeep tempur. Selain berkuda, kamu juga bisa mengelilingi desa dengan mengendarai jeep ini. Tentunya lebih memacu adrenalin dan memiliki sensasi yang berbeda.

Di The Roudh 78 kamu juga bisa bermain paintball. Disini kamu akan berperang senjata dengan teman-temanmu. Jangan khawatir terluka, karena peluru yang dipakai terbuat dari cat warna.

Cafe Sawah

Setelah lelah bermain berbagai wahana di desa wisata ini. Tentunya membuat perut kamu kelaparan. Di desa wisata ini terdapat cafe yang menjual berbagai makanan dan minuman khas pedesaan. Disebut cafe sawah karena cafe ini dikelilingi hamparan sawah yang hijau dan indah. Selain bisa berwisata edukasi, kamu juga bisa berwisata kuliner di desa wisata ini.

Suasana di kafe sawah sangat nyaman dengan pemandangan bukit-bukit dan sawah-sawah disertai dengan udara sejuk, cocok untuk kamu yang ingin melepaskan penat dan kejenuhan. Di cafe sawah menyediakan berbagai menu masakan khas pedesaan, ada nasi pecel, nasi jagung, nasi goreng, urap-urap, bakso dan aneka penyetan. Dengan konsep prasmanan, kamu bisa langsung mengambil makanan sendiri dan langsung membayarnya di kasir.

Di cafe sawah terdapat taman seluas tiga hektar. Taman tersebut tertata rapi dengan tanaman bunga dan sayuran. Ada banyak tanaman sayuran disini, ada tomat, bawang, wortel, selada dan masih banyak lagi.

Selain taman, di cafe ini juga ada beberapa kolam ikan koi. Di kolam ini juga terdapat beberapa angsa dan itik yang asyik berenang. Air kolam ikan ini berasal dari olahan air limbah dapur. Air limbah diolah dalam reaktor IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah). Air disaring dalam beberapa tahap. Ampas kotoran akan dijadikan pupuk. Sedangan air yang sudah tersaring akan menjadi jernih dan mengalir ke kolam ikan.

Sembari menikmati pemandangan di sekitar cafe sawah, kamu bisa mengambil foto di beberapa spot yang telah disediakan. Beberapa spot foto diantaranya adalah taman bunga, jembatan, bangunan bambu dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Lengkapnya Berlibur di Kawasan Wisata Songgoriti

Jalan Menuju Desa Wisata Pujon Kidul

Desa Wisata Pujon Kudul terletak di Desa Pujon, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Desa ini terletak di sisi barat Kota Batu. Sedangkan dari pusat Kota Malang berjarakn 30 km yang dapat ditempuh perjalanan sekitar kurang lebih 2 jam.

Untuk dapat ke desa wisata ini kamu bisa memilih 3 rute perjalanan. Jika kamu mengakses jalur lewat jalan Ir. Soekarno – Hatta Malang, dengan jarak 38,5 km dan dapat ditempuh perjalanan sekitar 2 jam. Rute kedua, kamu bisa dari Jalan Raya Lawang menuju Malang dengan jarak 36,6 km dan dapat ditempuh perjalanan sekitar 2,5 jam. Sedangkan rute terakhir, kamu bisa berangkat dari jalan Trunojoyo dengan jarak 36,3 km dan dapat ditempuh perjalanan sekitar 1,5jam.