Curug Tilu Leuwi Opat, Wisata Air Terjun dan Sungai yang Indah di Bandung

Curug Tilu Leuwi Opat adalah wisata alam di Bandung yang cukup hits, terdiri dari 3 curug, 4 sungai, dan gua yang cocok untuk petualangan. Curug Tilu Leuwi Opat juga dikenal dengan nama Curug Tilu Parompong atau Curug Tilu Ciwidey. Curug Tilu berarti tiga buah air terjun dengan tiga aliran dengan ketinggian berbeda sehingga terlihat bertingkat-tingkat.

Daya Tarik Curug Tilu Leuwi Opat

Di Curug Tilu terdapat tiga curug yang lokasinya berdekatan satu sama lain. Selain itu juga ada beberapa sungai dan gua dalam kompleks wisata alam ini.

Curug Citulang

Curug ini merupakan curug dengan aliran air paling tinggi. Ketika berada di Curug Citulang, Anda dapat melihat pemandangan yang indah sambil merasakan kesegaran air yang mengalir ke bawah.

Curug Aseupan

Curug ini terbentuk di antara dua ngarai. Disebut Aseupan karena bentuknya menyerupai kukusan atau alat untuk mengukus yang berbentuk kerucut. Lokasi Curug Aseupan tidak jauh dari gerbang masuk atau berdekatan dengan Leuwi Kecapi.

Curug Cilaki

Curug merupakan curug yang paling rendah dengan aliran air yang kecil sehingga paling sulit ditemukan. Di sekitar curug terdapat pepohonan rimbun yang menjadikan udara begitu segar dan pemandangannya menyejukkan mata.

Leuwi Bagong

Di kawasan wisata curug juga terdapat beberapa aliran sungai yang mempunyai keunikan sendiri-sendiri. Karena dangkal dan berair jernih, sungai ini aman untuk bermain bersama anak-anak, Ada juga sungai yang memiliki aliran cukup deras untuk bermain arung jeram.

Salah satu sungai di sini yaitu Leuwi Bagong, sungai dengan kedalaman sekitar 4 meter dengan arus tidak terlalu deras, sehingga cocok untuk bermain rakit.

Leuwi Baeud

Sungai ini memiliki kedalaman mencapai 20 meter, sehingga pengunjung dilarang berenang. Pengunjung umumnya hanya melihat-lihat dan berfoto di sekitar sungai.

Leuwi Kacapi

Sungai atau Leuwi Kacapi biasanya untuk berfoto atau piknik karena memiliki pemandangan yang indah.

Leuwi Geuntong

Leuwi Geuntong merupakan sungai paling dangkal yang cocok untuk berenang dan bersantai sambil menikmati pemandangan alam. Kedalamannya hanya mencapai satu hingga dua meter sehingga masih aman untuk berenang.

Gua Toke dan Gua Lalay

Gua Toke dan Gua Lalay adalah gua alami yang ada tak jauh dari curug. Jika menyukai tantangan dan eksplorasi gua, tempat ini cocok untuk Anda.

Baca Juga : Atraksi Wisata di Tangkuban Perahu yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan di Lembang

Rute Menuju Lokasi

Curug Tilu Leuwi Opat berada di Jalan Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Parompong, Kabupaten Bandung.

Dari Bandung, Anda dapat berangkat menuju ke tempat wisata ini dari Terminal Ledeng. Selanjutnya melalui Jalan Sersan Bajuri, Kampung Gajah diteruskan ke arah Jalan Kol. Masturi – Parompong.

Setelah melewati Universitas Advent, pilihlah jalan ke arah Ciwangun Indah Camp. Kemudian, masuk ke gerbang bertuliskan Gerbang Wana Wisata Ciwangun Indah Camp (CIC) dan masuk terus sejauh 4 kilometer hingga sampai ke lokasi wisata.

Jika dari berada di Lembang, jarak ke lokasi hanya sekitar 2 kilometer saja. Setelah sampai di Parompong, ikuti rute seperti di atas.

Harga Tiket

Harga tiket masuknya cukup murah yaitu Rp10.000 per orang. Parkir motor dikenakan Rp2.500 dan mobil Rp5.000. Jam buka Curug Tilu Leuwi Opat ialah mulai pukul 06.00-18.00 WIB.

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang tersedia di Curug Tilu cukup lengkap, meliputi masjid, tempat parkir, toilet, kantin, area kemah, dan wahana permainan seperti arung jeram, paint ball, rakit, flying fox dan panjat tebing.

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Curug Tilu

Banyak aktivitas seru yang dapat Anda lakukan selama berada di kawasan wisata Curug Tilu Leuwi Opat, yaitu:

Trekking Ke Curug Tilu

Menuju ke air terjun, pengunjung harus melewati jalan yang cukup melelahkan. Meski jalurnya tidak terlalu curam, masih terdapat jalanan menanjak atau turun tanpa pengaman sehingga harus hati-hati ketika melewatinya. Anda juga harus menyeberangi sungai dengan jembatan kayu untuk menuju ke curug. Sepanjang perjalanan, anda akan mendapati petunjuk jalan sehingga tidak akan tersesat.

Jalan menuju curug tidak bercabang. Teruslah berjalan hingga sampai di area kemah atas, kemudian ikuti jalan kecil di ujung tempat kemah itu. Setelah itu, menyeberang jembatan di atas irigasi. Karena airnya bersih, jernih, dan dangkal, irigasi ini dapat menjadi tempat bermain air.

Sesudah melalui jembatan irigasi yang kedua, Anda akan menemukan jalan setapak. Lokasi curug berada di ujung jalan setapak tersebut.

Di area utama curug di Bandung ini airnya sangat bersih dan dingin karena langsung mengalir dari Situ Lembang. Pengunjung dapat bermain air di pinggiran, tetapi dilarang berenang mendekat ke air terjun karena cukup dalam dan memiliki pusaran arus yang berbahaya.

Di sekitar curug terdapat warung kopi dan gorengan yang buka setiap hari libur, sehingga disarankan Anda membawa bekal sendiri untuk mengantisipasi jika warung tutup.

Perjalanan trekking yang memakan waktu sekitar 40 menit itu sangat mengesankan karena akan melintasi hutan, sungai, dan jembatan yang cocok dijadikan spot foto. Rute trekking menuju ke Curug Tilu secara keseluruhan bisa dibilang ringan, tetapi Anda tetap harus hati-hati dan gunakan sepatu atau sandal anti selip agar tidak terpeleset.

Outbound

Kegiatan seru lain yang bisa Anda lakukan ialah outbound. Terdapat banyak wahana permainan yang disediakan seperti body rafting, high rope, shaking bridge, dan flying fox. Wahana outbound juga hanya dioperasikan ketika hari libur.

Tips Berwisata ke Curug Tilu

Wisata Curug Tilu merupakan wisata alam yang didominasi hutan, sungai, dan air terjun. Oleh karena itu, persiapkan segala sesuatunya agar kegiatan rekreasi Anda menyenangkan dengan tips berikut:

  1. Perhatikan kondisi cuaca. Ketika musim hujan, Anda harus lebih berhati-hati berada di kawasan air terjun. Jika terlihat tanda-tanda akan hujan deras sebaiknya segera meninggalkan lokasi curug.
  2. Memakai alas kaki anti selip yang nyaman untuk trekking karena medan yang dilalui cukup licin.
  3. Membawa baju ganti. Bermain air di curug tentunya akan membuat pakaian basah, apalagi jika membawa anak kecil, sebaiknya bawa baju ganti dan jaket.
  4. Membawa bekal air minum dan makanan. Karena warung di lokasi wisata tidak buka setiap hari, membawa bekal sendiri lebih baik. Selain lebih hemat, makan bersama dengan bekal yang dibawa akan memberikan kehangatan tersendiri.
  5. Memakai lotion anti nyamuk. Bagi Anda yang sensitif terhadap gigitan serangga terutama nyamuk, perlu memakai lotion untuk melindungi kulit. Bisa juga membawa minyak kayu putih untuk mengatasi gatal-gatal karena gigitan serangga.

Baca Juga : Farmhouse Lembang, Mini Eropa di Bandung Barat

Sudah terbayang bukan, seperti apa serunya berpetualang ke Curug Tilu Leuwi Opat? Segera cek kalender dan jadwalkan liburan Anda ke tempat wisata alam di Bandung ini.