Menikmati Keeksotisan Wisata Alam Maribaya Bandung yang Asri

Bila ada yang mengatakan bahwa Bandung adalah surga wisata tampaknya tak berlebihan mengingat banyaknya destinasi wisata yang ada di Bandung. Salah satu daerah wisata paling terkenal di Bandung adalah Maribaya. Maribaya Bandung merupakan kawasan wisata yang letaknya di sebelah utara Bandung dan di sebelah timur Lembang.

Sebelum adanya renovasi, kawasan Maribaya ini digunakan untuk wisata air terjun, berendam di kolam air panas, atau jalan-jalan sambil menikmati suasan alam hutan yang asri. Dengan konsep yang berbeda, tempat wisata ini hadir dengan suasana baru yang lebih kekinian namun masih menjaga keasrian alam sekitar. Kawasan wisata Maribaya kini disebut dengan Maribaya Natural Hot Spring Resort.

Apa saja daya tarik yang ditawarkan tempat wisata alam eksotis di kawasan Lembang ini? Yuk, simak informasi berikut ini.

Daya Tarik Maribaya Natural Hot Spring Resort

Berikut ini spot wisata alam eksotis di kawasan Maribaya Resort atau Maribaya Natural Hot Spring Resort.

Curug Maribaya

Lokasi Curug Maribaya berada di Taman Hutan Raya Djuanda, Lembang yang memiliki pemandangan luar biasa. Salah satu keunggulan dari tempat wisata ini adalah suasana hutan alam yang asri serta udara yang dingin.

Obyek wisata air terjun ini dialiri oleh dua sungai bernama sungai cikawari dan cigulung. Uniknya, para wisatawan tidak hanya disuguhi satu air terjun melainkan tiga air terjun sekaligus. Air terjun tersebut bernama Curug Cigulung, Curug Cikawari, serta Curug Cikoleang.

Ada kolam untuk menampung air terjun sehingga cocok sekali untuk yang ingin berendam lama sembari menikmati asrinya pemandangan alam sekitar. Selain itu, pengunjung hanya perlu jalan kaki untuk sampai di Curug Omas yang masih berada di wilayah Hutan Raya Djuanda.

Pemandangan alam sekitar dengan pepohonan yang asri membuat kedamaian tersendiri. Sembari berkeliling jalan kaki, Anda juga dapat mengunjungi objek wisata lain di dekat sini, yaitu Gua Jepang serta Gua Belanda.

Maribaya Hot Spring

Maribaya Hot Spring merupakan kolam air panas yang mengandung belerang cukup tinggi yang dapat digunakan sebagai terapi pengobatan. Di sini, tersedia beberapa jenis kolam air panas untuk berendam, antara lain:

VIP Pool

Harga tiket untuk VIP Pool sebesar Rp150.000/orang, sudah termasuk dengan handuk, ikan bakar, dan bandrek.

Kamar BerendamPprivate Tirta Raga

Harga untuk kamar berendam private Tirta Raga sebesar Rp 90.000/orang.

Deluxe Pool

Harga tiket Deluxe Pool sebesar Rp75.000/orang.

Foot Spa (Kolam Rendam Kaki)

Harga tiket foot spa sebesar Rp 30.000/orang.

Sky Bridge Tapak Halimun

Ini adalah sebuah jembatan kayu yang lokasinya berada di sebelah kiri Maribaya. Di antara rimbunnya pepohonan yang hijau dengan udara yang lumayan dingin, lokasi wisata ini adalah salah satu favorit wisatawan. Foto yang dihasilkan sangat keren dengan latar Sky Bridge ini. Dari atas platform jembatan kayu, para pengunjung juga dapat menikmati pemandangan area Maribaya Resort.

Children Playground

Untuk yang membawa serta anak-anak, tempat wisata ini juga cocok untuk keluarga Anda karena tersedia arena Childern Playground. Area permainan ini diperuntukkan untuk anak-anak usia 3 tahun hingga 7 tahun. Tersedia berbagai permainan menarik seperti ayunan, jungkat jungkit, dan papan seluncur.

Spot yang tak kalah menarik di area dekat playground adalah kandang kelinci. Anak-anak dapat bermain dan memberi makan hewan pemakan wortel tersebut. Ada juga rumah ‘The Hobbit’ yang bisa jadi spot menarik untuk foto-foto si kecil bersama keluarga.

Baca Juga : Menikmati Indahnya ‘The Rainbow Waterfall’ Curug Cimahi

Amphiteathre Bale Pinton

Tempat wisata selanjutnya yang berada di Maribaya Bandung adalah Amphiteather Bale Pinton. Ini adalah lokasi yang cocok untuk kegiatan pertemuan dengan jumlah peserta yang banyak seperti kegiatan gathering, resepsi pernikahan, dan lainnya.

Desain Amphiteathre Bale Pinton ini sangat tradisional dengan material kayu sehingga menyatu sekali dengan suasana alam sekitar.

Kolam Talaga Giri

Merupakan sebuah kolam tangkap ikan atau pemancingan yang cocok untuk wisata keluarga bersama buah hati. Harga tiket Kolam Talaga Giri terbilang lumayan worth it. Untuk kategori kolam pancing durasi selama 30 menit, htm sebesar Rp20.000. Untuk htm kolam tangkap ikan dengan durasi waktu 15 menit sebesar Rp15.000.

Fasilitas Maribaya Bandung Resort

Fasilitas umum yang Anda dapatkan saat berwisata di kawasan Maribaya, yaitu toilet yang lumayan banyak di beberapa titik dan gratis. Namun, toilet yang terletak di luar gerbang harus membayar. Selanjutnya tersedia mushola untuk umat muslim yang ingin menjalankan ibadah sholat.

Bangku-bangku juga banyak tersebar di area wisata untuk istirahat atau foto-foto. Area parkir yang disediakan sangat luas dapat menampung segala jenis transportasi. Untuk Anda yang membawa rombongan bus, dapat memarkirkan bus di tempat parkir seberang. Kemudian, para pengunjung dijemput dengan mobil khusus untuk menuju ke tempat wisata.

Wisata Kuliner Sekitar Maribaya

Di sekitar Maribaya terdapat juga wisata kuliner yang sangat terkenal dengan beragam pilihan menu menarik yang bisa Anda nikmati.

Foud Court Langlang Buana

Lokasi Foud Court Langlang Buana berada di luar gerbang area wisata. Ada beragam menu makanan serta minuman yang dapat Anda pilih. Jika Anda hanya ingin makan di area Food Court, Anda tidak perlu masuk tempat wisata Maribaya dan membayar tiket masuknya.

Twig Cafe

Lokasi Twig Cafe tepat berada di pinggir Curug Cigulung. Di cafe ini, Anda dapat mengisi energi dengan nikmatnya makanan yang disediakan sambal menikmati suara gemericik air serta pemandangan air terjun Cigulung yang menawan. Tempat makan satu ini terbilang lumayan bagus.

Harga Tiket Masuk Maribaya Natural Hot Spring Resort

Harga Tiket Masuk Maribaya Resort Bandung sebesar Rp35.000. Jam buka operasional adalah setiap hari dari pukul 08.00 pagi hari, dan tutup pukul 22.00 malam.

Rute Jalan Menuju Lokasi Maribaya

Untuk sampai di Maribaya, akses jalannya lumayan mudah sehingga Anda tidak perlu khawatir. Dari pusat Kota Bandung, Anda lanjutkan perjalanan ke kawasan Ledeng dan dilanjutkan ke arah Lembang. Ikuti saja petunjuk menuju ke Maribaya.

Untuk yang melakukan perjalanan dari wilayah Dago, Anda gunakan rute sebelah kiri dari Terminal Dago Giri. Kemudian, perjalanan berlanjut dengan jalur Lembang – Maribaya. Ada juga jalur alternatif lain yang bisa Anda gunakan, yaitu jalur Dago – Ciumbuleuit – Punclut – Maribaya.

Akan tetapi, jalur ini memiliki kontur jalan yang kurang baik karena banyak tanjakan panjang dan beberapa ada jalan yang mengalami kerusakan.

Baca Juga : Atraksi Wisata di Kawah Putih Bandung, Mulai dari Ontang-anting Hingga Dermaga Ponton

Tips Berkunjung ke Maribaya bandung

Tips yang pertama adalah kondisi badan yang fit karena wisata terasa kurang nyaman jika badan sedang kurang sehat, bukan? Tips selanjutnya adalah persiapkan budget yang cukup karena Anda harus membayar tiket lagi jika ingin masuk ke spot wisata tertentu. Jangan lupa membawa pakaian ganti jika Anda berniat untuk berendam di kolam berendam air panas atau di Curug Maribaya.

Maribaya Bandung adalah konsep wisata alam yang menghadirkan banyak spot wisata berbeda dengan daya tarik tersendiri. Tempat wisata Maribaya bisa jadi referensi berlibur Anda berikutnya. Happy holiday!