Menikmati Indahnya ‘The Rainbow Waterfall’ Curug Cimahi

Jika Anda berkunjung ke Cimahi, jangan lupa mampir di salah satu tempat wisata keren di kota ini yaitu Rainbow Waterfall. Nama tempat wisata sebenarnya adalah Curug Cimahi, namun memiliki nama lain yaitu Rainbow Waterfall atau Curug Pelangi. Rainbow Waterfall terletak di Kecamatan Cisarua, Kab. Bandung Barat. Memiliki ketinggaian mencapai 87 meter, curug ini menjadi salah satu air terjun tertinggi di kawasan Bandung.

Berada di atas ketinggian sekitar 1050 Mdpl, curug ini menawarkan pemandangan luar biasa dengan udara khas pegunungan yang sejuk dan menyegarkan. Apa saja daya tarik dari curug yang berada di Jl. Kolonel Masturi No.325, Kertawangi, Bandung Barat ini, ini dia informasi lengkapnya untuk Anda.

Pesona Keindahan Curug Cimahi

Sumber utama air dari curug ini berasal dari Danau Situ Lembang. Air dari danau mengalir ke area Cimahi termasuk ke air terjun ini. Objek wisata Curug Cimahi telah ada sejak tahun 1992, namun kepopulerannya tidak seberapa. Kemudian, pada tahun 2010, tempat wisata air terjun tersebut harus ditutup karena akan diadakan renovasi. Selesai renovasi sekitar tahun 2014, tempat wisata ini dibuka kembali untuk umum.

Renovasi yang dilakukan tentunya bertujuan untuk meningkatkan daya tarik wisatawan agar berkunjung ke sini. Selain mengganti nuansa air terjun yang semakin menarik, berbagai fasilitas pendukung pun disediakan untuk meningkatkan kenyamanan para wisatawan yang datang.

Setelah adanya renovasi, konsep wisata di sini lebih modern dan kekinian tanpa mengurangi aspek keindahan alam yang ada. Berikut ini 3 daya tarik air terjun Cimahi yang akan Anda nikmati saat berkunjung ke sini.

The Rainbow Waterfall

Nama The Rainbow waterfall tampaknya memang sesuai untuk disematkan pada air terjun satu ini. Para pengunjung akan disuguhi pemandangan air terjun yang bersinar penuh warna. Warna tersebut akan berganti seperti layaknya pelangi.

Namun, jika Anda datang saat pagi hingga sore hari, pemandangan tersebut tidak akan Anda dapatkan. Sebaliknya, datanglah saat sore menjelang malam hingga malam hari karena itulah waktu yang paling tepat menikmati indahnya The Rainbow Waterfall Cimahi.

Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa warna air terjunnya bisa berubah warna secara bergantian? Hal ini dikarenakan ada instalasi lampu-lampu yang dipasang di belakang dinding air terjun supaya dapat menyala warna-warni bergantian. Bias sinar dari lampu-lampu ini langsung menembus air terjun sehingga terlihat seperti sinarnya berasal dari tumpahan air terjun.

Konsep wisata The Rainbow Waterfall digagas oleh ADM Perhutani KPH Bandung Utara yang mendapat inspirasi dari sebuah tempat wisata di US. Konsep wisata yang terhitung berbeda dan baru di Indonesia ini membuat para wisatawan berdatangan dan ingin melihat keindahannya langsung.

Itulah kenapa untuk Anda yang sedang berada di Cimahi atau sekitarnya, wajib mengunjungi Curug Cimahi. Pemandangan air terjun yang menakjubkan akan membuat Anda terpesona dan betah berlama-lama di sini.

Baca Juga : Atraksi Wisata di Kawah Putih Bandung, Mulai dari Ontang-anting Hingga Dermaga Ponton

Habitat Monyet

Daya tarik lain dari tempat wisata air terjun ini adalah adanya habitat asli monyet yang berada di sekitar curug. Jika beruntung, Anda dapat menikmati segerombolan monyet yang hidup secara liar di hutan ini. Perlu Anda ketahui, jika monyet-monyet yang ada di sini merupakan habitat yang dilindungi.

Spot Foto

Salah satu aktivitas yang tidak dapat ketinggalan jika berkunjung ke sini adalah foto. Berwisata tanpa foto tentu akan kurang rasanya. Pastikan Anda membawa kamera atau smartphone dengan baterai yang penuh.

Foto dengan latar air terjun berwarna warni menjadi salah satu pose yang paling banyak diminati. Anda juga dapat berfoto di jalan yang menuju curug. Jalan setapak serta tangga-tangga yang unik membuat hasil foto Anda juga tak kalah menarik.

Kondisi air terjun di sini lumayan bersih. Pasalnya, banyak kupu-kupu dan capung jarum yang beterbangan sebagai tolok ukur tingkat kesehatan air suatu tempat.

Fasilitas

Tempat wisata ini selalu mengalami perbaikan setiap tahunnya. Di area gerbang hingga sampai di lokasi curug, disediakan jalan setapak yang telah disemen, shelter, pagar pengaman, dan peta lokasi. Sejumlah bangku juga telah disiapkan untuk para pengunjung yang ingin beristirahat.

Fasilitas lain yang ada di sini seperti pada umumnya tempat wisata, yaitu tersedia pos jaga atau pusat informasi, mushola, toilet, dan area parkir. Tempat parkir curug letaknya dekat dengan area gerbang masuk.

Kini, ada beberapa dek tambahan dilengkapi dengan kursi-kursi sehingga membuat pengunjung lebih nyaman untuk menikmati suasana di sekitar lokasi. Selain itu, tersedia warung-warung yang menyediakan aneka makanan dan minuman.

Namun, para penjual hanya ada di hari-hari libur dan weekend dimana banyak pengunjung yang datang. Jadi, jika Anda datang bukan pada saat-saat tersebut, kemungkinan besar tidak ada yang menjajakan makanan atau minuman.

Rute Menuju Lokasi

Letak air terjun pelangi atau Rainbow Waterfall berada di Desa Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat, Jabar. Jika dari pusat kota Bandung, Anda harus menempuh jarak sekitar 20 kilometer. Untuk sampai di sini, Anda bisa menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi baik mobil atau sepeda motor.

Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi, ada banyak jalur alternatif yang bisa digunakan. Anda dapat menggunakan jalur dari pusat kota Bandung, arah Cimahi, atau dari Lembang. Namun, akses jalan paling mudah dilintasi adalah menggunakan jalur Lembang menuju Parongpong, searah menuju Dusun Bambu.

Anda ikuti sepanjang jalur ini hingga sampai di Terminal Angkot Cisarua. Letak terminal sekitar 1 kilometer sebelum pertigaan menuju Dusun Bambu. Ikuti jalur ini hingga bertemu dengan Universitas Advent.

Jika telah melihat Universitas Advent, Anda akan melintasi turunan, jembatan, kemudian tanjakan. Setelah tanjakan ini akan terlihat gerbang menuju lokasi wisata curug.

Bagi pengunjung yang ingin menggunakan kendaraan umum, lakukan perjalanan hingga sampai di Terminal Ledeng. Dari sini, naiklah angkutan umum dengan rute Ledeng – Sukasari. Anda turun di Terminal Sukasari, kemudian naik angkutan menuju Cisarua – Lembang.

Harga Tiket Masuk Curug Cimahi

Berikut ini daftar harga tiket masuk tempat wisata air terjun Cimahi 2019, antara lain:

  1. Pengunjung dewasa sebesar Rp17.000 untuk wisatawan lokal, sedangkan wisatawan asing sebesar Rp25.000 hingga Rp30.000.
  2. Pengunjung anak-anak sebesar Rp5.000, sedangkan anak-anak di bawah umur 2 tahun tidak dipungut biaya.
  3. Tarif parkir motor Rp5.000
  4. Tarif parkir mobil Rp10.000

Baca Juga : Curug Tilu Leuwi Opat, Wisata Air Terjun dan Sungai yang Indah di Bandung

Tips Mengunjungi The Rainbow Waterfall

Waktu terbaik mengunjungi curug ini adalah sore menjelang malam hingga malam hari untuk menikmati keindahan Air Terjun Pelangi. Saat gerimis, Anda jangan memaksa untuk turun ke bawah karena jalan lumayan licin dengan tanjakan yang terjal sehingga harus sangat berhati-hati supaya tidak terpeleset.

Tips yang tak kalah penting adalah kondisi tubuh harus fit karena akses jalan yang naik turun sehingga energi Anda akan banyak terkuras.

Jika ingin menikmati suasana alam liar, dengan sentuhan konsep kekinian yang tidak ada di tempat lain, datanglah ke The Rainbow Waterfall Curug Cimahi. Bagaimana, tidakkah Anda tertarik berkunjung ke sini?