Berendam Air Panas di Pemandian Cangar Malang

Kota Batu dikenal sebagai salah satu kota wisata yang terkenal di Indonesia karena banyaknya keindahan alam yang luar biasa. Salah satu keindahan alam yang menjadi objek wisata di Kota Batu adalah Pemandian Air Panas Cangar.

Pemandian air panas ini berada di ketinggian 3.000 meter di atas permukaan laut. Banyaknya pepohonan di sekitar pemandian air panas ini membuat suasana asri dan sejuk. Dingin dan sejuknya udara di pegunungan akan menambah rasa nyaman saat kamu sedang berendam air hangat disana dan semakin membuat badan kamu menjadi rileks.

Di kawasan pemandian air panas ini masih banyak terdapat satwa lutung jawa atau biasa disebut dengan monyet. Hal itu menambah kesan alami dan asri area ini. Hal yang paling unik di pemandian ini adalah ternyata semua kolam yang ada di tempat pemandian ini bukanlah buatan manusia, melainkan terbuat secara alami.

Sejarah

Cangar sendiri merupakan nama dusun sekaligus dijadikan nama pemandian ini. Banyak orang menyebut pemandian air panas ini dari plesetan Cangar yaitu “sangar” yang berarti keren, dan banyak juga yang menyebut lokasi wisata pemandian ini dengan sebutan Cangar Malang, meskiput lokasi pemandian ini terletak di wilayah Batu.

Dikatakan sangar karena di tempat ini kamu bisa merasakan udara dingin dan sejuk tapi tetap bisa menikmati air panas alami. Wisata pemandian air panas ini memberikan kesegaran air hangat yang berasal dari air mata Gunung Welirang. Tempat wisata ini sendiri letaknya kurang lebih 18 km di kaki Gunung Welirang, Dusun Cangar, Sumber Brantas. Objek wisata ini termasuk dalam Taman Hutan Rakyat atau TAHURA Raden Soerjo.

Baca Juga : Menjajal Dinginnya Bermain Salju di Malang Snow Paradise

Khasiat Berendam di Cangar

Untuk kamu yang ingin melepaskan lelah dan kepenatan setelah menjalani kehidupan sehari-hari, tidak ada salahnya untuk mencoba memanjakan diri kamu dengan berendam di sumber air hangat yang letaknya tak jauh dari pusat Kota Batu. Berendam air hangat bisa membuat badan menjadi rileks dan segar bugar loo.

Konon, menurut cerita yang beredar di masyarakat, air panas yang ada di pemandian ini mempunyai banyak khasiat dan manfaat. Salah satu khasiat dan manfaatnya adalah bisa menyembuhkan penyakit kulit. Tak heran jika banyak pengunjung datang dengan tujuan untuk berobat.

Di Pemandian Air Panas Cangar ini kamu ada mendapati beberapa kolam. Masing-masing kolam memiliki suhu panas yang berbeda, mulai dari yang sangat panas, sedang dan hangat. Ada kolam dengan suhu air 46 derajat celcius, ada kolam dengan suhu air 40 derajat celcius. Sedangkan ada kolam dengan suhu 38 derajaf celcius yang dikhususkan untuk pengunjung wanita. Kolam ini dibuat tertutup untuk menjaga privasi pengunjung wanita yang ingin berendam air panas. Bentuknya didesain seperti tempat sauna yang setiap kamarnya hanya bisa dipakai satu orang saja. Jadi tak perlu khawatir harus bercampur dengan banyak orang.

Rute Menuju Cangar Malang

Pemandian Air Panas Cangar Malang ini terletak tak jauh dari pusat Kota Batu, jaraknya kurang lebih 20 km dari Alun-Alun Kota Batu dan dapat ditempuh selama kurang lebih 40 menit. Pemandian air panas ini tepatnya berlokasi di Dusun Cangar, Kelurahan Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Untuk dapat sampai ke tempat pemandian ini, kamu tidak bisa menggunakan angkutan umum karena tempat wisata tersebut tidak dilewati angkutan umum. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Akses jalan menuju tempat pemandian ini sudah bagus beraspal. Tapi kamu tetap harus waspada karena jalan untuk menuju tempat wisata ini berkelok-kelok, menanjak, serta banyak tikungan tajam. Jadi gunakanlah kendaraan yang kuat untuk melewati jalan tersebut. Jangan sampai kendaraanmu tidak kuat menanjak ya.

Untuk kalian yang akan menuju tempat pemandian ini dari arah Alun-Alun Kota Batu, menuju ke arah barat. Kemudian kamu akan menjumpat persimpangan jalan, beloklah ke ke kanan. Arahkan perjalananmu ke arah Selecta dan Coban Talun. Dari Coban Talun kamu masih harus menempuh perjalanan sekitar 12 km dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit. Tinggal ikuti jalan yang ada, kamu akan sampai di pemandian air panas ini. Dalam perjalanan menuju tempat wisata ini kamu akan melewati pemandangan yang sangat indah, ada bukit-bukit serta hamparan luas perkebunan sayur dan apel.

Kalau kamu ragu dengan petunjuk jalan dan takut melalui jalanan yang menanjak serta berkelok-kelok menuju pemandian ini, kamu bisa menyewa mobil beserta dengan sopir di Kota Batu maupun Kota Malang. Para sopir di tempat rental mobil pasti sudah hafal jalan menuju tempat pemandian ini. Jadi kamu tak perlu khawatir lagi untuk dapat kesana.

Tiket Masuk & Jam Operasional

Pemandian Air Panas Cangar Malang ini buka setiap hari senin sampai dengan hari sabtu mulai dari jam 07.00 WIB sampai dengan jam 16.00 WIB. Untuk dapat menikmati berendam air panas, kamu harus membayar sejumlah uang. Jika kamu wisatawan lokat akan dikenakan tarif sebesar Rp 10.000,-, sedangan untuk wisatawan asing akan dikenakan tarif sebesar Rp 25.000,-. Untuk masuk ke area kolam renang kamu harus membayar Rp 5.000,-. Kalau kamu gak pengen renang, kamu bisa menikmati berendam air panas di depan kolam renang. Jika kamu menggunakan sepeda motor akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp. 3000,-, untuk kendaraan roda empat atau mobil akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp 5.000,-, sedangan untuk bus akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp 10.000,-.

Fasilitas 

Selain bisa berendam di kolam air panas yang ada, pemandian air panas ini memiliki beberapa fasilitas. Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Kolam Renang

Baca Juga : 5 Wahana Jatim Park 3 Terpopuler yang Wajib Kalian Coba

Kamu kesana bareng anak-anak? Jangan khawatir jika anak-anak tidak mau diajak untuk berendam air panas. Di tempat pemandian ini telah tersedia juga kolam renang. Tak hanya untuk anak-anak, orang dewasa pun bisa menikmatinya.

Kamar Mandi

Sudah pasti di semua tempat wisata menyediakan kamar mandi. Tapi di pemandian air panas ini, ada banyak kamar mandi. Hal ini untuk mengantisipasi adanya banyaknya pengunjung yang datang. Jadi jangan khawatir antri berlama-lama untuk mandi ya.

Musholla

Untuk kamu yang beragama islam, jangan khawatir tidak bisa menjalankan ibadah solat lima waktu. Di tempat wisata ini menyediakan mushola yang meskipun tidak besar tapi cukup menampung pada wisatawan yang ingin menunaikan solat.

Panti Pijat

Memang paling nikmat adalah pijat dulu baru berendam air panas. Ini akan membuat badan lebih segar dan rileks. Di tempat pemandian air panas ini juga tersedia panti pijat, tapi kamu juga masih harus membayar lagi ya. Karena panti pijat ini tidak termasuk dalam tiket masuk.

Tempat Bermain

Kamu bawa anak? Tapi gak pengen renang maupun berendam air panas? Tenang, di tempat wisata ini tersedia taman mini yang menyediakan banyak wahana main untuk anak-anak.

PROMO HEMAT!! Paket Wisata Malang 2 Hari 1 Malam