Batu Night Spectacular (BNS): Wisata Malam Keluarga

Foto Batu Night Spectacular malang
Foto by instagram.com/sie_djay_hoen/

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Batu Night Spectacular Kota Batu Jawa Timur merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler. Tidak hanya tersohor secara domestik, namun hingga ranah pariwisata internasional. Berapa harga tiket masuk tempat wisata yang kerap disebut BNS ini? Apa saja wahana serta fasilitas yang tersedia di sana?

Harga Tiket dan Jam Operasionalnya

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan tatkala berkunjung ke Batu Night Spectacular adalah jam operasionalnya. Berbeda dengan destinasi wisata lain yang buka sejak pagi hingga malam, BNS beroperasi sejak sore hingga malam. Jam buka tersebut sesuai dengan tajuk dari lokasi itu sendiri yang memiliki makna ‘Malam Spektakuler di Kota Batu’.

Foto Batu Night Spectacular
Foto by instagram.com/sharasita2210/

Jadi, BNS memang ditujukan sebagai destinasi wisata malam di daerah karesidenan Malang Raya ini. Sebab itu, jam buka untuk hari Senin – Kamis adalah pukul 15.00 – 23.00 WIB, sedangkan saat akhir pekan Jumat – Sabtu mulai 15.00 – 00.00 WIB. Pastikan datang sesuai dengan jam operasional agar tidak merasa kecewa.

Lalu, berapa harga tiket masuk yang dipatok oleh pengelola Batu Night Spectacular pada para wisatawan yang ingin mengeksplorasinya? Harga tiket masuk dibagi menjadi dua kategori, yaitu tarif weekdays dan tarif weekend. Hari Senin – Kamis, pengunjung akan dikenakan tarif Rp30.000,- per orang dan Rp40.000,- pada akhir pekan.

Foto BNS Batu Night Spectacular
Foto by instagram.com/trendingmalang/

Harga tiket masuk yang dibanderol itu hanya berlaku untuk wahana-wahana serta fasilitas gratis yang memang disediakan oleh pihak BNS. Namun, beberapa wahana lain mewajibkan biaya tambahan sebesar Rp10.000,- saja. Tetapi bila ingin mengeksplorasi tempat wisata yang satu ini tanpa membayar biaya tambahan, bisa membeli tiket terusan sebesar Rp60.000,- per orang.

Wahana di Batu Night Spectacular Kota Batu Jawa Timur

Bukan tanpa alasan BNS menjadi destinasi wisata malam utama di Kota Batu. Alasan utama tentu saja karena Batu Night Spectacular menyediakan berbagai macam wahana, mulai dari arena karnival, wahana untuk keluarga, wahana adventure, hingga horor. Dari sekian banyak wahana yang tersedia,7 wahana berikut tidak boleh sampai Anda lewatkan :

1.  Lampion Garden

Taman Lampion Batu Night Spectacular
Foto by instagram.com/paketliburanmurahterbaik/

Belum ke BNS kalau tidak menikmati panorama malam di area Lampion Garden alias Taman Lampion. Wahana ini sangat cocok bagi kaum milenial yang senang mengabadikan tempat-tempat yang instagramable. Di sepanjang area, tergantung lampion-lampion yang cantik. Di beberapa titik juga terdapat lampion dengan bentuk unik seperti angsa dan bunga teratai.

2.  Rumah Hantu

Wahana kedua di Batu Night Spectacular Kota Batu Jawa Timur yang wajib dikunjungi adalah Rumah Hantu atau The Haunted House. Wahana yang satu ini sangat memacu adrenalin dan tentu saja hanya ditujukan bagi mereka yang bernyali besar. Pengunjung diajak untuk berburu hantu yang ada, mulai dari lokal hingga hantu internasional.

3.  Spectacular Show

Spectacular Show Wahana BNS
Foto by suwardiwea.blog

Di area Spectacular Show, Anda bisa menikmati empat macam hiburan sekaligus : pertunjukan laser (laser show), air mancur menari, pertunjukan multimedia dan live music. Istimewanya, untuk pertunjukan multimedia di BNS menggunakan layar dengan panjang 50 meter di mana diklaim sebagai layar multimedia terpanjang di Indonesia.

Baca Juga : 6 Keindahan Pantai Goa Cina Yang Perlu Anda Ketahui

4.  Game Room

Menyukai permainan-permainan modern berbasis teknologi? Anda tidak perlu khawatir saat mengunjungi Batu Night Spectacular (BNS). Sebab, di sana terdapat area khusus game modern selayaknya arena permainan di pusat perbelanjaan. Balap motor, battle dance, basket virtual dan masih banyak lagi. Seru sekali, bukan?

5.  Battle Area

Menyukai permainan Go Kart hingga ingin menjajal balapan langsung di sirkuit? BNS menyediakan Battle Area di mana pengunjung bisa mengendarai Go Kart dan berkompetisi dengan pengunjung lain. Bagi yang ingin menonton juga disediakan tribun yang nyaman. Tidak hanya balapan, tetapi ada pula pertunjukan slalom dari tenaga profesional.

6.  Sepeda Udara

Sepeda Udara Wahana BNS
Foto by jtp.id

Wahana yang menantang sekaligus momen yang wajib didokumentasikan? Jawabannya adalah wahana sepeda udara dari BNS. Wisatawan dapat merasakan sensasi yang memacu adrenalin dengan menaiki sepeda gantung. Pastikan Anda tidak memiliki fobia terhadap ketinggian saat menjajal wahana yang satu ini. Ada fotografer juga yang siap mengabadikan momen tersebut.

7.  Trick Art Gallery

Tidak ingin ketinggalan tren hiburan yang tengah digemari, yaitu area 3D, BNS juga menyediakan Trick Art Gallery. Di sini terdapat berbagai macam karya dengan format tiga dimensi. Tampilannya unik dan beraneka ragam, menciptakan spot instagramable lain dari Batu Night Spectacular ini.

Trick Art Gallery Batu Night Spectacular
Foto by travelspromo.com

Fasilitas BNS

Tidak hanya menyediakan berbagai wahana seru, tetapi BNS juga melengkapi layanan untuk wisatawan dengan menyediakan berbagai fasilitas penunjang. Fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap :

a)  Night Market

Night Market alias Pasar Malam adalah fasilitas pertama yang ada di BNS dan pastinya sangat memanjakan pengunjung. Di sini, wisatawan dapat memenuhi hasrat berbelanja oleh-oleh khas Kota Batu. Mulai dari penganan ringan, aksesoris, hingga kaos Batu Night Spectacular. Soal harga tidak perlu khawatir karena para pedagang mematoknya cukup terjangkau.

b)  Food Court

Food court Batu Night Spectacular
Foto by kinaryatour.com

Kelaparan setelah mengeksplorasi berbagai wahana yang tersedia di BNS? Tersedia fasilitas berupa food court bagi wisatawan untuk memuaskan dahaga dan rasa lapar mereka. Di sini, tersedia berbagai macam kuliner khas Jawa Timur seperti rawon dan lontong balap. Rasanya lezat dengan harga yang murah dengan bonus pemandangan sekitar BNS yang cantik.

c)  Bioskop 4D

Di Batu Night Spectacular Kota Batu Jawa Timur juga tersedia fasilitas berupa bioskop 4D. Menonton di sini memberikan pengunjung sensasi tontonan yang lebih nyata. Penonton akan dimanjakan dengan ruangan yang luas dan nyaman dengan teknologi pemutaran film yang canggih. Film yang diputar di sini diseleksi sehingga dapat dinikmati semua umur.

d)  Karaoke Room

Aneka Wahana BNS Malang
Foto by .jalanjajanhemat.com

Ingin melepas penat dengan berkaraoke bersama dengan keluarga? Pengelola Batu Night Spectacular tampaknya tidak menyia-nyiakan kesempatan memuaskan pengunjung dengan menyediakan ruang karaoke. Di sini, Anda bisa bernyanyi bersama dengan rombongan, baik teman maupun keluarga. Tempatnya nyaman dan didukung perangkat audio visual terkini.

e)  Toilet Umum

Sebuah taman hiburan publik tentu wajib menyediakan toilet umum. Begitu pula dengan BNS yang menyediakan fasilitas berupa toilet untuk para pengunjung. Kebersihan toilet terjaga dengan baik karena dikontrol secara berkala oleh petugas. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan mendapati toilet yang jorok seperti di tempat-tempat umum lainnya.

Baca Juga : Menjajal Paralayang Batu Malang, Menantang dan Epik!

f)  Tempat Ibadah / Surau

Rumah Hantu Batu Night Spectacular
Foto by jalanjajanhemat.com

Bagi Anda yang beragama Islam, tidak perlu takut akan kesulitan dalam beribadah. Di area BNS tersedia surau yang dapat digunakan untuk menjalankan kewajiban ibadah pengunjung. Bila tidak membawa perangkat sholat, terdapat sarung dan mukena yang disediakan oleh pihak pengelola. Ada tempat wudhu sendiri sehingga tidak harus melakukannya di toilet.

Menarik sekali bukan Batu Night Spectacular Kota Batu Jawa Timur ini? Lokasinya di Jalan Hayam Wuruk No. 01, Kecamatan Oro-Oro Ombo, Kota Batu, Jawa Timur. Tempat wisata ini bisa diakses dengan mudah menggunakan transportasi umum mengingat lokasinya ada di jantung kota. Soal penginapan sendiri tersedia banyak pilihan di sekitarnya.