Alun Alun Malang, Tempat Wisata Gratis dan Strategis

foto alun alun malang
Foto by Ngalam.co

Saat musim liburan tiba, kota di Jawa Timur ini selalu dipenuhi oleh para wisatawan yang datang dari berbagai pelosok tanah air. Malang adalah salah satu kota di jawa Timur yang menyediakan berbagai macam destinasi wisata favorit sehingga tidak heran jika banyak orang ingin datang ke sini. Salah satu yang menjadi ikon dari Kota Malang adalah alun alun Malang apalagi setelah dilakukan perbaikan sehingga lebih nyaman untuk para pengunjung.

Sejarah Alun Alun Malang

Kota Malang memiliki dua alun-alun yang dibangun sebagai salah satu ruang publik untuk warga setempat. Dua alun-alun ini adalah alun-alun Tugu dan alun-alun Merdeka di mana lokasi keduanya pun berdekatan.

Letak alun alun Tugu Malang berada di Jl. Tugu, Kidul Dalem, Kecamatan Klojen yang dekat dengan Balai Kota Malang, SMA 3 Malang, serta Hotel Tugu Malang. Sedangkan alun alun yang sering dikunjungi oleh warga setempat atau pun wisatawan adalah alun alun Merdeka.

Lokasi alun alun Merdeka berada di Jl. Merdeka Selatan, Kiduldalem, Kecamatan Klojen. Alun alun ini berbentuk persegi empat dan berada di pusat Kota Malang. Menurut sejarah, alun alun ini didirikan pada tahun 1882 setelah Malang resmi menjadi ibu kota administratif yaitu di bagian barat Kota Lama.

Ada hal yang membedakan alun alun ini dengan alun alun di Jawa pada umumnya. Jika diamati secara tipologi, sebagian besar alun-alun di daerah tradisional Jawa memiliki kantor Kabupaten terletak di bagian selatan alun-alun. Namun, di alun alun Merdeka ini letak kantor Kabupaten ada di sisi timur sedangkan kantor asisten residen ada di bagian selatan alun alun.

Di samping itu, pendopo kantor Kabupaten Malang tidak hadapkan ke alun-alun melainkan berorientasi ke Jl. K.H. Agus Salim yang terletak di bagian selatannya. Hal ini membuat kesan jika alun alun bukanlah ‘halaman’ untuk kantor Kabupaten.

air mancur alun alun malang
Foto by news.detik.com

Alun alun Merdeka dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda dengan tujuan awal untuk membentuk citra kekuasaan pemerintah Hindia Belanda melalui pembangunan area terbuka tersebut. Pemerintah kolonial ingin membuat citra kekuasaan seperti citra pemerintah Jawa yang terlihat dari alun alunnya.

Citra tersebut dibentuk dengan cara membuat sejumlah bangunan bergaya arsitektur Belanda untuk keperluan pemerintahan kolonial di kawasan sekitar alun-alun. Sejumlah bangunan yang dibangun oleh pemerintah kolonial adalah Kantor Asisten Residen (kini berfungsi sebagai Kantor Pos), dan penjara (kini menjadi Mall Ramayana).

Selain itu, dibangun juga Hotel Lapidoth (kini menjadi Hotel Pelangi), serta Protestantse Kerk yang kini bernama GPIB Immanuel. Bangunan-bangunan tersebut digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas dengan kebudayaan kolonial yang sangat kental di mana berbeda jauh sekali dengan kultur Jawa di masa itu. Alun alun sengaja dibangun persegi empat untuk menyerupai yang ada di Belanda atau negara-negara di Eropa.

Baca Juga : Hawai Waterpark Wisata Permainan Air terbaru di Kota Malang

Namun, usaha yang dibangun supaya memperoleh citra pemerintahan Hindia Belanda yang kental ternyata cukup gagal. Hal ini dipengaruhi oleh pemikiran warga pribumi yang menilai bahwa alun alun berfungsi sebagai sarana sosialisasi serta tempat di mana kegiatan ekonomi berlangsung seperti berjualan. Akhirnya, alun alun tidak berfungsi sebagai pusat kekuasaan melainkan area kontrol produksi dan tempat kegiatan ekonomi.

Jalan Jalan Sore, Olahraga hingga Bersantai di Alun Alun Kota Malang

Apa yang membuat alun alun ini banyak didatangi oleh para pengunjung? Keseruan apa saja yang dapat di lakukan di alun alun ini? Nah, yuk simak aktivitas seru apa saja yang dapat Anda lakukan di alun alun Malang.

1. Lokasi Asyik Berolahraga

Alun alun ini digunakan sebagai tempat olahraga pagi hari atau jogging terutama saat hari libur. Sebagian besar yang melakukan olahraga di sini hanya berlari mengelilingi alun alun, peregangan otot, atau jalan-jalan santai. Jalanan yang telah di-paving membuat olahraga di sini menjadi semakin nyaman.  Selain itu, di sini juga disediakan beberapa alat olahraga

area bermain alun alun malang
Foto by malangtimes.com

2. Ruang Terbuka Hijau

Alun alun Merdeka Malang adalah area hijau yang terletak di tengah Kota Malang. Warga setempat datang ke sini bersama keluarga, sahabat, atau teman dekat untuk sekedar jalan jalan sore atau duduk santai sembari menikmati susana di sini.

Meski jalanan di sekitar alun alun telah di-paving, namun konsep ruang hijau tetap masih menjadi fungsi utamanya. Anda dapat melihat dari pohon-pohon rindang dan hamparan rumput hijau yang terbentang luas si sini. Setelah jalan-jalan atau olahraga, para pengunjung dapat duduk bersantai, bercengkerama, dan menikmati suasana pemandangan alam.

3. Disediakan Area ‘Skate Park

Untuk para anak muda yang gemar bermain skate board, alun alun ini juga menyediakan area skate park yang terletak di sebelah utara. Area ini ramai oleh para pengunjung bermain skate board dari pagi hingga malam hari.

skate park malang
Foto by news.detik.com

4. Taman Bermain Ramah Anak

Untuk yang mengajak serta buah hati, alun alun Merdeka ini sangat tepat karena telah disediakan juga arena bermain yang ramah anak. Anda dapat duduk bersantai sambil mengawasi putra-putri bermain di sini. Meskipun taman bermain ini aman untuk anak-anak, namun tak ada salahnya para orang tua turut menemani buah hatinya bermain.

5. Memberi Makan Merpati

Selepas jalan-jalan atau jika telah merasa bosan duduk bersantai, para pengunjung dapat mencoba untuk memberi makan burung-burung merpati. Anda bisa melihat banyak merpati yang berterbangan di area ini. Anda tertarik ingin mencobanya?

6. Kebersihan Selalu Terjaga

Kebersihan sebuah area publik terutama tempat yang dijadikan menjadi salah satu objek wisata adalah hal paling utama. Oleh karena itu, peraturan untuk tidak boleh membuang sampah sembarangan telah ditetapkan serta disediakan pula beberapa tempat sampah di sejumlah titik.

Selain itu, alun alun ini dahulu banyak dipenuhi pedagang yang berjualan namun kini para pedagang tersebut telah ditertibkan untuk tidak berdagang di area alun alun. Hal ini demi kebersihan dan ketertiban area publik di mana supaya para pengunjung merasa nyaman dan kebersihan tetap terus terjaga.

play ground alun alun malang
Foto by malangstory.id

Baca Juga : Lembah Tumpang: Wisata ala Zaman Kerajaan Hindu Kuno

7. Lokasinya Strategis

Meski terdapat dua alun alun di kota ini, alun alun Merdeka memang menjadi tujuan banyak orang untuk bersantai atau mengahabiskan waktu berkualitas bersama orang-orang terdekat. Salah satu alasan kenapa banyak yang ke sini adalah lokasinya yang strategis yaitu berada di tengah kota.

8. Dekat Dengan Masjid Agung

Selain strategis, alun alun ini juga dekat dengan tempat ibadah umat muslim kebanggaan warga malang yaitu Masjid Agung Jami Malang. Masjid ini memiliki bangunan yang megah. Para wisatawan dapat melaksanan ibadah sholat di sana atau berwisata religi dan menikmati betapa indah arsitektur bangunannya.

Dikarenakan memiliki area yang cukup luas, alun alun ini telah dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang cukup memadai untuk masyarakat Malang serta para wisatawan. Anda juga tidak perlu khawatir jika tiba-tiba ingin buang hajat karena telah disediakan toilet umum.

Ada banyak kegiatan seru yang dapat Anda lakukan di alun alun Malang, bukan? Untuk yang ingin mencari tempat wisata gratis di Malang atau tempat olahraga nyaman dan menyenangkan, alun alun Merdeka Malang dapat menjadi alternatif terbaik untuk Anda.